Jumat, 29 Juni 2012

Transaksi Mudah, Senyum Nasabah Merekah


Melihat dunia perbankan semakin menjamur, bukan hanya di kota besar tapi hampir seluruh Indonesia. Membuat kita sebagai generasi penerus atau istilahnya generasi baru patut bersyukur, bagi yang tua-tua dilarang complain ya...he..he...he. Bagaimana tidak patut bersyukur coba, kalau dulu jaman nenek moyang kita hanya mengenal tukar menukar barang. Atau sering dikenal dengan istilah barter. Bisa kebayang kan bagaimana susahnya jaman sekarang kalau masih pakai barter? Bayangkan saja mau ngemall harus barter dulu padahal sudah dandan cantik. Huhuhu...sayang bedak sekilo sama parfum segentong.

Barter adalah kegiatan tukar-menukar barang atau jasa yang terjadi tanpa perantaraan uang. Tahap selanjutnya menghadapkan manusia pada kenyataan bahwa apa yang diproduksi sendiri tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk memperoleh barang-barang yang tidak dapat dihasilkan sendiri mereka mencari dari orang yang mau menukarkan barang yang dimilikinya dengan barang lain yang dibutuhkannya. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Barter)

Karena barter hanya dilakukan antar orang yang saling membutuhkan, otomatis akan kesulitan jika tidak ada yang diajak barter. Sedangkan mereka membutuhkan barang untuk memenuhi kebutuhan. Bagaimana solusinya? Hal tersebutlah yang mendorong sebagian orang membuat alat tukar. Salah satunya dengan uang.

Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Uang)

Dengan adanya uang masyarakat dipermudah dalam hal melakukan transaksi. Berbagai macam barang dan jasa bisa dibeli dengan uang tanpa harus menukar barang terlebih dahulu. Sekarang timbul pertanyaan, bagaimana masyarakat jaman dulu menyimpan uang? Masyarakat Indonesia cukup kreatif, banyak dari mereka menyimpan uang di berbagai tempat. Ingat loh jaman dulu bank merupakan sesuatu yang baru bagi masyarakat. Jadi bukan hal aneh jika masyarakat menyimpan uang di aneka macam tempat dan bentuk. Misal, di celengan, lemari dalam tumpukan baju, tiang rumah yang terbuat dari bambu, atau bahkan di bantal dan kasur. Berasa kuno atau udik ya? Tapi itulah bentuk dari penjagaan mereka dari hal yang tidak diinginkan. 

Jaman semakin berkembang dan begitu pula dengan dunia perbankan. Sangat tidak mungkin kita terus-terusan menyimpan uang di bantal kasur. Berbagai macam hal bisa membuat uang tersebut rusak atau bahkan hilang. Hingga muncullah bank pada tahun 1690, berasal dari gagasan William Paterson dan direalisasikan oleh Charles Montagu di Inggris dalam bentuk sebuah lembaga keuangan. Dengan kata lain bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote. (Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Bank). 

Dunia perbankan semakin maju pesat. Melesat bak anak panah. Bank-bank pemerintah maupun swasta mulai memanjakan pelanggan dengan berbagai macam fasilitas. Begitu juga dengan Bank BCA, berbagai macam produk perbankan  dan layanan perbankan telah dikeluarkan. Antara lain :
1.      Transaksi tunai dan non tunai via mesin ATM
Beberapa transaksi yang menuntut serba cepat dan praktis untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Sehingga hadirnya mesin ATM BCA mempermudah proses transaksi perbankan nasabah. Diantaranya transaksi :
a.       Tarik uang tunai
b.      Setor uang tunai
c.       Transfer
d.      Melakukan pembayaran
e.       Beragam transaksi lainnya
2.      Transaksi via ponsel dan computer
Diera teknologi ini, transaksi perbankan bisa dilakukan dengan mudah kapan dan dimana saja. Berbagai fasilitas teknologi telah dimaksimalkan penggunaannya demi kenyamanan nasabah.
Ponsel dan komputer adalah dua perangkat teknologi yang memungkinkan Anda melakukan transaksi perbankan dengan mudah dan cepat. Tanpa antri, Anda bisa bertransaksi cukup tekan tombol atau klik saja.
Transaksi bisa dilakukan via hanphone baik CDMAdan GSM. blackberry dan computer.
3.      Transaksi belanja, pembelian dan pembayaran.
Dulu, Anda harus selalu membawa uang tunai dalam jumlah banyak saat berbelanja. Hal ini seringkali membuat Anda merasa kurang nyaman karena risiko keamanan.
Selain berbelanja dengan cara datang dan bertransaksi langsung di toko; mall; merchant; atau tempat belanja lainnya, saat ini belanja secara online juga menjadi salah satu pilihan untuk menunjang kemudahan dalam bertransaksi.
Kini, Anda bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan BCA untuk kenyamanan Anda berbelanja. Diantaranya, kartu paspor BCA, kartu kredit BCA, Kartu Flazz dan BCA Klikpay.
Sumber : www.bca.co.id
 
Bisa dikatakan Bank BCA telah menguasai pasar. Coba kita lihat hampir semua mall, minimarket, bahkan pasar tradisional pun sekarang menyediakan fasilitas debet atau kredit BCA yang merupakan produk perbankan unggulan. Mengapa unggulan? Dengan adanya fasilitas debet atau kredit BCA memberikan kebebasan financial pada nasabah. Mereka bisa memanfaatkan fasilitas tersebut tanpa harus berpusing-pusing ria jika butuh mendadak. Merasa cukup terbantu bukan dengan adanya debet atau kredit BCA? Tidak perlu mencari ATM untuk penarikan tunai. Selain mudah juga mempersingkat waktu pelayanan.

Seperti pengalaman saya ketika belanja di sebuah pasar tradisional. Jumlah barang yang saya beli ternyata banyak dan uang tunai tidak cukup. Alhasil, saya mendebet kartu ATM demi mempercepat proses pembayaran. Walaupun kartu ATM saya bukan BCA tapi masih bisa didebet via BCA. Gampang bukan? Saya tidak perlu repot-repot keluar pasar dan mencari ATM untuk melakukan penarikan tunai. Bisa dibayangkan membutuhkan waktu berapa lama, padahal saya terburu-buru. Belum juga tenaga yang terbuang untuk bolak balik dan pastinya capek. Mending sodorin kartu ATM, selesai sudah semua urusan. Kemudahan transaksi yang diberikan membuat saya tak ambil pusing tiap kali kekurangan uang tunai saat belanja. Tenang...tenang...tenang...ada fasilitas debet dari BCA kok.

Tak hanya sampai di fasilitas debet kredit di swalayan, minimarket atau pasar tradisional. Kemudahan transaksi yang bisa kita ikuti seperti auto debet BCA untuk berbagai macam pembayaran tagihan, seperti tagihan listrik, air dan telepon. Tinggal membuat kesepakatan tanggal berapa rekening akan didebet, urusan bayar membayar tagihan beres. Untuk memantau kebenaran pendebetan bisa kita lihat di rekening koran setiap bulan. Jadi tidak perlu pusing memikirkan kapan harus membayar tagihan listrik, telepon dan air. Satu lagi, tidak repot harus pergi ke loket pembayaran. Semua terima beres dengan layanan perbankan auto debet. 

Seperti halnya auto debet, internet banking juga tak kalah. Layanan perbankan yang satu ini malah bisa kita lakukan sendiri. Mau transfer kapan dan dimanapun bisa dilakukan. Tak hanya transfer, internet banking juga memberikan kemudahan transaksi dalam hal pembayaran telpon, listrik, air dan macam-macam tagihan lain. Bagi yang mau berbisnis, bisa lho jualan pulsa via internet banking. Mudah dan cepat bukan? Pembayaran tagihan lancar, bisnispun jalan. Sama-sama diuntungkan. Masih belum tertarik dengan kemudahan transaksi yang diberikan BCA? Sms banking juga salah satu layanan perbankan BCA yang mendukung kemudahan transaksi. Kita bisa mengecek saldo rekening, mengetahui nominal masuk dan keluar, juga melalukan transfer. 

Belanja online salah satu trend masa kini. Berbagai macam barang ditawarkan via web, facebook, twitter, blog. Bagi para shopaholic belanja online merupakan satu pilihan tepat ketika mereka tidak sempat berbelanja di mall. Tentunya barang yang ditawarkan lebih beragam dan variatif. Para pemilik toko online sebagian besar memiliki rekening BCA. Itu menurut pengamatan saya, lho. Lagi lagi BCA memberikan layanan perbankan dalam mendukung bisnis. Sesama penggemar BCA tentunya sangat terbantu. Apalagi sekarang ada BCA Mobile, dimana dan kapanpun transaksi bisa dilakukan. Kemudahan transaksi membuat para buyer dan seller lebih fleksibel dalam melakukan transaksi.

Waktu terus berjalan dan dunia semakin modern, tentu harapan masyarakat BCA bisa memberikan layanan perbankan terbaik dan juga produk perbankan yang semakin unggul. Tidak hanya untuk golongan menengah keatas tapi juga menengah kebawah. Dengan berbagai produk perbankan yang berkualitas tentu nasabah memiliki kepercayaan tersendiri terhadap bank BCA. Seperti kata pepatah “Hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini”. BCA semakin di hati dengan segala kemudahan transaksi!!! HIDUP BCA...!!!

Berbagi Cerita Bersama BCA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar