Minggu, 09 Februari 2014

Sekolah Itu Mahal!

Fyuuhh...ternyata pendidikan itu harganya mahal, batinku miris. Beberapa teman mulai curhat mahalnya masuk ke sekolah jaman sekarang. Emang sih sekolahnya terkenal, swasta pulak. Otomatis harga yang ditawarkan juga nggak main-main. Tapi dengan harga segitu untuk ukuran anak TK dan SD menurutku berlebihan. Baiklah, memang posisiku sekarang masih single, belum ngerasain gimana jadi orang tua. Sudah pasti, kan, orang tua ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya. Terbaik tapi belum tentu termahal, bukan? Cuma dengan rupiah segitu menurutku masih mahal, ya. Entah aku yang pelit apa gimana. Hihihi. 

Aku setuju jika ada yang bilang "apa yang kita  dapat akan sebanding dengan apa yang kita keluarkan/berikan". Tentu saja dengan harga segitu berbagai macam fasilitas yang ditawarkan. Hanya saja, sekali lagi batin ini masih menolak. Haruskah dengan rupiah sedemikian tinggi?

Aku sering berfikir, kelak, sepuluh atau dua puluh tahun lagi berapa rupiah yang harus dirogoh demi sebuah pendidikan. Akankah aku akan mengikuti trend ataukah mengikuti kata hati. Menyekolahkan anak semampu kita. Toh, tak selamanya sekolah menjadi pendidikan terbaik. Justru rumah, orang tua, keluarga, lingkungan menjadi tempat belajar terbaik bagi anak.  Tergantung bagaimana orang tua menyikapi. Menjadi pemeran terbaik dalam pendidikan anak-anaknya.

Sering terbayang dan berangan kelak pendidikan tak semahal ini. Ada sekolah yang tak melulu memikirkan materi, tapi juga ramah ekonomi. Agar semua lapisan bisa merasakan pendidikan terbaik. Walaupun sekarang menjamur "asuransi pendidikan" tapi tak semua orang tua berpikir jauh ke sana. Apalagi orang desa. Bisa untuk makan dan bayar SPP, buku, uang saku, itu lebih dari cukup.

Perasaan campur aduk tapi entah bagaimana dan apa. Tak bisa sekadar diungkapkan lewat tulisan. Sering melamun dan membayangkan,bagaimana pendidikan untuk anakku kelak. Berapa rupiah yang harus aku keluarkan. Haruskah aku berasuransi dari sekarang. Entah. Aku tak tahu.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar