Selasa, 08 Juli 2014

[Jajanan Tradisional] - Lupis

Udah lama banget nggak posting, hihihi, sibuk dines luar kota *halah alasan*. Mumpung lagi jam istirahat, manfaatin waktu buat posting ah. Lumayan nambahin tayangan :D

Kali ini ingin bercerita tentang "Lupis". Iyup, lupis. Pada tau kan apa itu lupis?

Lupis, makanan tradisional yang berbahan dasar beras ketan memang cukup legendaris. Sekilas lupis mirip dengan lontong dari segi bentuk, pembungkus dan cara masak. Berbeda di cara penyajian dan bahan dasar. Makanan bertekstur kenyal ini cocok dinikmati sambil ngeteh. Berhubung aku nggak suka ngeteh, jadi menikmati pake air putih saja *ngirit*
Lupis dengan kelapa parut


Lupis banyak dijual di pasar tradisional. Biasanya ada emak-emak jualan yang mangkal di salah satu sudut pasar. Lebih banyak Aku, sebagai penggemar lupis, udah tau di mana penjual lupis berada. Lupis juga dijual bebarengan dengan cetot, gendar, getuk, dll. Lupis bisa dinikmati dengan kelapa parut, gula pasir dan disiram dengan gula jawa cair. Hmmm...nyuumyyy! Tergantung selera. Mau pake gula putih dan kelapa parut, pake kelapa parut dan gula jawa cair, cuma pake kelapa parut saja, atau polosan alias lupis doank.

Teksturnya menggoda banget :D
Beberapa kali temenku bilang, aku tuh nggak bisa move on dari lupis. Hampir tiap wiken selalu menyambangi si penjual langganan. Hahaha. Sekali beli minimal sebungkus. Kalau lagi ngiler, bisa dua bungkus sekaligus. Kemaruk amat :D

Lupis plus kelapa parut disiram gula jawa cair
Aku paling suka kala lupis dinikmati dengan kelapa parut. Tanpa campuran gula pasir dan gula jawa cair. Lebih alami dan rasanya mantap. Bahkan kadang tanpa kelapa parutpun aku doyan. Hihihi. Entah doyan atau lapar, yang jelas lupis tuh emang hueeenaaakkkk....

So, kamu suka lupis juga nggak? Kalau nggak apa jajanan tradisional kesukaanmu?


Salam,

@tarmoth



2 komentar: