Kamis, 15 Januari 2015

Rumah Itu Bernama KEB

"Tari, kamu belum serius ngeblognya," seru Mak Indjul saat workshop di Semarang.

Glek!

Aku yang saat itu lagi live tweet langsung melek seketika. BENER! Aku belum serius ngeblog. Boleh dibilang aku blogger galau. Walau Mak Indjul dengan tegas bilang nggak ada perbedaan antara blogger satu dengan yang lain. Semua sama! Hanya aku sadar bener kalau masih gampang terbujuk ke sana ke mari. Temennya lagi ini pengen, lagi itu pengen. Dan semua tertutup sebuah kedok "kok kayaknya enak, ya?"

Sejak menjadi blogger tahun 2011 kebanyakan postingan cuma curhat geje nggak jelas. Kagak ada manfaat yang bisa diambil oleh pembaca. Walau seorang temanku pernah berujar bahwa blog itu personal. Bebas si pemilik mau mengisinya apa. Lha tapi kok lama-lama aku malu yo sama postinganku sendiri? Hahaha. Keliatan banget galaunya :p

Sejak bergabung di KEB, Semakin ke sini aku semakin melek. Banyak yang bisa dilakuin dengan media blog. Jaman semakin canggih, banyak orang menebar kebaikan melalui blog. Dan aku ingin sekali meniru jejak mereka. Bukan menjiplak apa yang telah mereka lakukan loh, tapi aku ingin berbagi melalui blog. Amati - Tirukan - Modifikasi!

Sebut saja emak unyu Pungky Prayitno, penggagas FAITH yang sukses. Aku sampe melongo loh dibuatnya. Apalagi saat baca pencapaian di 2014. Alamaaakkkkk uakehe! Semangat dan kiprahnya sungguh bikin aku malu. Umur kita ternyata sama loh, Mak! Paling selisih dikit banget*tos. Di umur yang sama pencapaian kita ternyata berbeda jauh. Enggak apa-apa kok. Suatu saat kita mendongeng bareng, kan? Mau aku pinjemi bonekaku? ;)

Belum lagi emak yang aku kagumi, Grace Melia. Emak dari Ubii, seorang anak dengan berkebutuhan khusus. Subhanallah. Emak muda ini juga mempunyai semangat luar biasa. Tak pernah lelah dan putus asa merawat putri tercintanya. Aku ingat betul, dulu ada tetangga rumah juga punya anak berkebutuhan khusus. Karena kurang pengetahuan, si anak meninggal saat umur 8 tahun. Itulah mengapa aku kagum banget pada perjuangan mami Ubii, tak lelah untuk belajar dan berbagi. Rumah Ramah Rubella, sebuah wujud bentuk kepedulian mami Ubii kepada emak-emak lain dengan masalah yang sama.

Ada lagi seorang penulis yang aku nobatkan sebagai emakku di Hari Ibu kemarin. Dewi Rieka. Penulis legendaris buku Anak Kos Dodol yang sebentar lagi filmnya akan rilis. Kalau dulu bilang ngeblog sebagai pelampiasan gegara naskahnya nggak nambah halaman. Sekarang kami berdua sadar bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan blog.

"Kita kek reporter abal-abal, ya, Taro. Tiap keluar kota atau pergi ke mana gitu yang dipikirin bahan buat blog"

Hahaha. Dan aku 100% setuju.

Setiap pergi ke suatu tempat sudah pasti aku akan nyerocos dan sibuk motret sana sini. Semua itu untuk bahan blog!

Pertanyaannya apakah itu ditulis semua?

Belum tentu! 

Owh! Sayang sekali bukan?

Alasan klasik selalu menggelayut. Ngikut ke mana-mana. Yang nggak sempetlah. Yang kecapekan gegara kerjaan kantorlah. Yang inilah, yang itulah. 

Mau sampai kapan begini terus?

KEB...aku mau insyaf!!!

Blogging With Heart, Money Will Follow!

Itulah pesan besar dan ajaib Mak Indjul. Kenapa ajaib? Karena setelah mengikuti beberapa tipsnya, ngeblog itu terasa menyenangkan loh. Bawaannya happy. Dan ndilalah beberapa hari lalu aku dapet email. Dapat tawaran job review euy! Hahaha. Noraaakkk! Enggak apa-apa norak. Taro kan emang orangnya norak bin katrok :v

Berkat KEB aku bisa kenal dengan Mak Indjul. Emak yang tak bosan untuk berbagi ilmunya. Pertama kali kenal di kopdar bareng Aqua, kedua kali langsung diundang di Semarang dan ketiga Desember kemarin pas workshop di Jogja :)

Aku bahkan udah nginep loh di rumahnya. Enggak tanggung-tanggung, nginepnya bersama pasukan rempong. Hahaha. Dan yang pasti Mak Indjul selalu berbagi tips dan saran. Segala sesuatu memang terkadang harus dipaksakan. Termasuk konsisten ngeblog, blog walking dan berkomunitas. Ketiganya adalah mata rantai yang nggak bisa terpisahkan. Dalam kesibukannya mengurus 3 buah hati, Mak Indjul masih bisa mengurus pekerjaannya. Lha aku yang 8 jam di kantor dan sisanya di rumah masih aja punya segudang alasan.

Masih nggak insyaf, Taro?

Ini 2015. Bukan waktunya lagi berkubang dalam lingkaran "kemalasan". Sudah waktunya untuk merubah segala kebiasaan lama menjadi lebih baik. Konsisten terhadap jadwal-jadwal pribadi dan gemar bersilaturahmi. Tak pernah ada kata terlambat. Semua orang mempunyai kesempatan yang sama.

Banyak emak-emak inspiratif di KEB. Emak dengan berbagai latar belakang berbeda tapi mempunyai passion yang sama. Mereka tak tanggung-tanggung berbagi. Banyak ilmu yang bisa dipetik dari setiap blog. Mereka mempunyai satu ikatan hati, yaitu KEB. Because sharing is caring :)

Ada sebuah mimpi yang ingin aku wujudkan kurang lebih 10 tahun ke depan. 10 tahun? Iya, 10 tahun. Mimpi ini memang jangka panjang. Dan mimpi ini terwujud saat melamun mikir resolusi 2015 kemarin. Apa itu? Rahasia. Mimpi yang terbentuk terbentuk gegara KEB. Emak-emak di sinilah yang terus mendorongku mewujudkan mimpi itu. Bismillah. Doakan istiqomah ya, Maks :)

"Saat kita menganggap komunitas sebagai sebuah rumah, saat itulah ada rasa memiliki. Dari rasa itu akan terdorong untuk kembali. Kembali ke rumah tanpa pernah ingin pergi"

KEB adalah sebuah rumah. Rumah untuk kembali. Rumah hangat yang penuh semangat. Rumah dengan segala cerita. Rumah tempat menemukan sahabat serta saudara. Rumah untuk terus berkarya dan berbagi.

Selamat ulang tahun, KEB. Teruslah berjaya hingga nanti. Tetap menginspirasi bagi perempuan seluruh penjuru negeri. Bersamamu akan tercipta para inspirator hebat negeri ini.

Terima kasih tak akan cukup untuk membalas semua jasa-jasamu. Kami tumbuh dan ada berkat rumah ini. Rumahku, rumahmu, rumah para perempuan inspiratif. Rumah itu adalah Kumpulan Emak Blogger.

HAPPY MILAD KE-3 KUMPULAN EMAK BLOGGER! ^____^


26 komentar:

  1. Ati2 digiles mak Indah wkwkwkkk..... Kalau teman2nya semangat jadi ketularan semangatnya ya mak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum digiles aku mau ngumpet di belakang mak Lusi aja dah. Biar yang depan kena gilesan *eh :))

      Iya, Mak. Betul sekali. Pokoknya KEB luar biasa daaah :*

      Hapus
  2. Wuuuuuih, mana saran dan kritikannya buat KEB? Jangan muji saja, KEB juga butuh kritikan biar semakin maju ke depannya :)
    Yuk ah, semangat terus menulis, semangat berbagi lewat tulisan.

    Terima kasih banyak ya Tarooooooo :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh diedit kan, Mak? Hihihi ntar aku edit deh saran dan kritiknya yak :)

      Semangat nih, Mak. Mau memaksa diri memenuhi jadwal kayak Emak Indjul ini. Semoga bisa konsisten :))

      Sama-sama ya, Mak :*

      Hapus
  3. Balasan
    1. Hihihi emang aku manis kok, Mak *lho

      Emaaakkk....dakuw udah lama ngefans sama dirimuu. Melu mbolang doonk :)

      Hapus
  4. akz,beneran anak kos dodol mau difilmkan???
    salam kenal mak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, Mak. Tanggal 26 Februari loh. Jangan sampai kelewatan yak.

      Salam kenal juga, Mak :*

      Hapus
  5. Balasan
    1. Kikiki...wajiiiib! Tingkiyu udah nemenin suka dukanya selama ngeblog yak, Mom :*

      Hapus
  6. Blogging with Heart. :)))
    Selamat Ulang Tahun KEB yang ke-3
    Salam kenal ya mak ^^,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, Mak ^^

      Money will follownya ketinggalan, Mak :)))

      Hapus
  7. Bareng-bareng di KEB emang bikin kita panassss Mak.Panas ikutan terbakar semangat emka-emak yang lain. Jadi ketularan deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuullllll...setuju sekali, Mak. Makin panas dan penasaran sama kiprah emak-emak kece ituuu. Semoga makin ketularan ya, Mak :*

      Hapus
  8. Iya Rumah yang aseek..

    hayu atuh blogging with heart!

    *salam kenal Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, Mak :*

      Hayukkk, Mak! Kalau aku khilaf diingetin ya, Mak. Kagak mau jauh-jauh dari rumah :)))

      Hapus
  9. sik asik ngeblog bareng Taro di KEB. Happy bday KEB.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah jadi kompor mbledugku setiap saat. I heart yooouuuu :*

      Hapus
  10. semoga KEB tetap menjadi rumah yang nyaman buat kita ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin. In shaa Allah KEB akan jadi rumah ternyaman, Mak :)

      Salam kenal yaa :*

      Hapus
  11. Haah...sampe nginep? kepengeeen :) Pantes ya, jadi tambah deket silaturahminya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, alhamdulillah ada kesempatan nginep segala. Seneng rasanya. Hihi. Ketagihan main sama anaknya MakPuh :)))

      Hayukk ke Jogja, kita nginep rame-rame :*

      Hapus
  12. Yuk Tar, kita nginep di rumah Makpuh Indjul lagi... *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoookk kapan ki, Mbak?? :)

      Karo geng yaa. Hahaha :p

      Hapus
  13. Aku bingung mau komen apa. makasih ya, cantik. makasih sudah menjadi bagian dari KEB. Semoga makin betah dan terpacu terus untuk berkarya. Salam hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin. Semangat deh dikomen MakPon :*

      Terima kasih telah membangun rumah yang nyaman, Mak. Semoga menjadi ladang amal hingga nanti. In shaa Allah :)))

      Hapus