Selasa, 30 Juni 2015

Seru-seruan di #K3Bukber2015

Alhamdulillah. Rasanya plong banget acara #K3Bukber2015 Kumpulan Emak Blogger terlaksana. Semua berjalan lancar. Enggak ada kurang suatu apapun. Cuma kurang lama aja waktunya. Alhasil ngerumpinya kurang lama *halah emak-emak :p

#K3Bukber ini diselenggarakan serentak di 8 kota, antara lain Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Pekanbaru dan Makassar. Woh seru banget, kan? So, pasti! Selain nambah ilmu, tentunya akan nambah teman. Soalnya banyak temen baru euyy. Bisa saling tukar alamat blog, berbagi suka-sukanya ngeblog, juga tentang cerita ringan sehari-hari. Pokoknya kalau ngumpul itu waktunya mengupgrade semangat deh :)

Sebagai PIC perdana jujur aja sih deg-degan abeesss. Yah, walaupun yang dateng udah pada kenal semua, tapi rasanya kan tetep aja beda. Apalagi ada amanah yang harus disampaikan ke peserta bukber. Duh, rasanya dag-dig-dug kek mau ketemu calon mertua looh. Dakuw juga pakek acara belajar segala sampai nggak bobok siang. Padahal kalau wiken bobok siang jadi agenda wajib bagiku *manja :p


Ada yang dua hal menarik dari event #K3Bukber2015, memberikan banyak pelajaran baru bagi dakuw yang masih unyu ini. Apakah itu? Pertama, no gadget. Yap. Udah diwanti-wanti banget selama acara berlangsung nggak boleh ada aktivitas media sosial apapun. Boleh pegang gadget tapi cuma buat foto-foto. Ini nih hal paling menyenangkan kalau kopdar : FOTO-FOTO! Sedangkan untuk share tentang keseruan event dilakukan setelah jam 19.00. Pokoknya suka sama konsep ini. Dakuw merasakan sendiri kala ngumpul tanpa aktivitas gadget. Rasanya lebih akrab dan seru ngobrolnya. Beda jika ada gadget, keliatannya sih ngobrol tapi serasa didengerin setengah hati. Benar jika ada yang bilang bahwa gadget itu menjauhkan yang dekat, mendekatkan yang jauh. Semoga bisa menerapkan no gadget kala ngumpul lagi ya.

Kedua, KEB mempunyai program berbagi "Agent of Change". Program tersebut merupakan besutan para srikandi blogger. Tahun lalu para srikandi blogger menelurkan e-book tentang "Kekerasan Seksual pada Anak Lawan dengan Pengetahuan". E-book ini ditulis oleh Pungky Prayitno, Gracie Melia, Alaika Abdullah dan Ida Nur Laila. Sedangkan tahun ini mengangkat tema tentang serangan pada ibu pasca melahirkan. "Post Partum Depression, Mengapa Kita Harus Tahu"

Jujur kala membaca tulisan ini di web KEB bulu kuduk langsung merinding. Ada rasa nggak percaya dan masih nggak habis pikir, seorang Pungky Prayitno mengalami hal itu. Pungky yang selalu happy, cerah ceria dan supel luar biasa ternyata pernah 
hampir menghabisi nyawa Jiwo. Hiks. Alhamdulillah keluarga dan teman-teman bisa "menyelamatkan" Pungky dari hal paling gila seumur hidup. 

Dalam program "Agent of Change" ini setiap member KEB yang sudah mendownload e-book wajib menyebarkan minimal kepada dua orang terdekat. Entah itu teman kantor, arisan, atau ngerumpi. Inilah wujud kepedulian kita pada perempuan terdekat. Kita nggak pernah tahu kepada siapakah depresi ini menyerang. Depresi yang akan berdampak mengerikan untuk masa depan ibu dan juga anaknya.

Dakuw punya cerita tentang depresi ini. Senin pagi dakuw berkesempatan ngobrol dan bercerita banyak tentang depresi ini pada salah seorang teman kantor. Yang bikin terkejut, ternyata usai melahirkan anak kedua dia mengalami hal yang sama. Ada rasa frustasi, sedih, kecewa, jengkel, merasa tak diperhatikan, merasa sendirian, dan berbagai perasaan lainnya. Dia juga mengiyakan bahwa dukungan penuh keluarga, teman dan juga lingkungan mengambil peran penting. Hingga akhirnya perlahan tapi pasti dia bisa melewati masa-masa itu. Huaaa...dakuw merinding ngeri.

Yuk, bantu menyebarkan e-book ini. Kalau bukan kita yang peduli, mau siapa lagi? :))))

Secara keseluruhan rangkaian acara #K3Bukber Semarang berlangsung seru dan asyik. Sebagai PIC dakuw mohon maaf jika ada kurang sana sini. Semoga enggak kapok untuk acara selanjutnya, ya? Terima kasih KEB telah mempercayai dakuw sebagai PIC. Hihi. Maapkeun kalau bawel dan banyak nanya. Semoga bisa terus bersilaturahmi sampai nanti :)

Salam,

@tarie_tar

5 komentar:

  1. asiknya bisa kopdar blogger :)

    BalasHapus
  2. Seru sekali pastinya KEB bukber Semarang yaaah...
    Tapi poto nya mana potooo :)

    Dan mengenai post partum depression atau sindrom baby blues...aku pun pernah ngalamin waktu lahiran anak kedua, walopun gak separah Pungki siiih...

    dan ternyata kalo buatku obatnya nge-blog lho :)

    tapi setuju banget bahwa pengetahuan seperti ini memang harus disebarluaskan...

    BalasHapus
  3. Waah jadi PIC! Tapi selamat ya mbaa... Acaranya sukses kaan ;)

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, kereeen si PIC uhuyy...barakallah say...

    BalasHapus
  5. Aku maafkan segala kesalahan mu sebagai PIC coz lupa undang akoh ini hua hua

    BalasHapus