Selasa, 14 Juli 2015

Teman Baru si Teledor, ASUS ZenPower


“Mecan, temenin liat pameran handphone yuk. Aku pengen beli powerbank,” ajakku bersemangat di sore nun sendu di kantor.

“Lho, bukannya beberapa bulan lalu kamu pamer powerbank baru, Tar?” temenku lain menyahut.

“Rusak je, Mas. Masak tak pakai ngecas malah makin abis batrainya coba”

“Wah. Makanya toh kalau beli tuh yang berkualitas. Sayang kan baru beberapa bulan udah nggak bisa dipakai”

“Tari mah gitu, Mas. Kalau beli nggak yang bagus sekalian. Buang-buang duit tuh hobinya,” sahut Mecan jengkel.

Aku cuma bisa nyengir denger cerocosan mereka. Rasanya mau pengakuan dosa deh. Aku tuh tiap mau beli barang jarang banget searching sana sini. Mentok tanya sekali ke temen, abis itu kebanyakan langsung beli. Ujung-ujungnya kalau rusak di tengah jalan baru deh nangis batin. Haha.

Dulu aku termasuk orang yang berpengang teguh “nggak mau ngecas pakai powerbank kecuali terpaksa dan mendesak”. Prinsip itu aku pegang bertahun-tahun semenjak merantau. Seiring berjalan waktu, perlahan tapi pasti prinsip itu melumer. Apalagi semenjak pindah kantor, kewajiban perjalanan dinas lebih sering. Mau nggak mau powerbank jadi teman setia perjalanan. Alasan lain, ada grup whatsapp kantor tempat sharing info penting atau request data mendadak. Kebayang kan kalau misal si handphone mendadak mati? 

Dikarenakan hal tersebut rasanya perlu powerbank baru. Dua powerbank sebelumnya udah sakaratul maut. Gini nih kalau orang teledor dan pelupa punya barang. Ada aja yang rusak atau ketinggalan. Urusan powerbank, lebih bermasalah pada kabelnya. Entah berapa kali udah gonta ganti kabel. Akibatnya handphone lebih sering ngedrop mendadak. Mungkin ini efek kabel yang nggak kompatibel kali ya?

Melihat kondisi powerbank yang sudah mengenaskan, terbit keinginan untuk beli baru. Nama powerbank yang diincar sudah dikantongin tapi belum berani merealisasikan karena dana. Hahaha. Mihiiiilllll.

Namanya rejeki tuh emang nggak lari kemana. Eh, ternyata malah ada powerbank unyu dari ASUS. Senangnyaaa nggak karuan. Apalagi pas baca spesifikasinya. Duh, doa anak sholehah terkabul. 

Powerbank seukuran kartu kredit pertama di dunia ini dikeluarkan oleh ASUS dengan menyandang nama ASUS Zenpower.  Powerbank mungil berkapasitas 10.050mAh ini memang memanjakan para pengguna gadget. Mulai dari segi warna, ASUS menyediakan lima pilihan warna sesuai warna favorit atau disesuaikan dengan warna handphone, ada Osmium Black, Sheer Gold, Glamor Red, Azure Blue, dan Brilliant Silver. 

Beneran seukuran kartu kredit :)
ASUS Zenpower keluar dengan “baju” berbeda dan agak nyeleneh. Casing alumunium berpadu dengan warna pilihan menjadikan tampilan powerbank yang satu ini tampak lebih elegan dan cantik. Terlihat lebih mencolok dan menarik perhatian. Walaupun kecil mungil, powerbank ini juga mampu menahan beban atau tekanan hingga 60 kg. Enggak bikin khawatir akan rusak jika tertindih barang bawaan yang cukup berat. 

Lahir dengan kapasitas 10.050mAh, ASUS Zenpower tampil dengan berat hanya 215 gram. Bener-bener seukuran kartu kredit. Lebih gampang untuk dibawa kemanapun. Enggak banyak makan tempat alias bisa diselipin di sela-sela tas. Membantu banget untuk orang-orang yang kapasitas mobile-nya tinggi. Tanpa harus menambah kapasitas barang bawaan.

Beberapa kali punya powerbank, seringkali terkendala waktu pengisian ulang. Yup. Biasanya waktu pengisian yang cukup lama membuat orang malas. Seringkali terjadi adalah mengakhiri pengisian sebelum waktunya atau kebablasan. Aku pernah mengalami keduanya. Akibatnya powerbank tersebut nggak bertahan lama bersanding denganku. Bertemu dengan ASUS Zenpower, rasanya terselamatkan akan hal tersebut. Dengan kabel standar 5V/2.4A, ASUS ZenPower dapat terisi penuh dalam waktu 5,5 jam. Atau 6 jam jika menggunakan kabel standar 5V/2A. Keinget banget dulu sering gonta ganti kabel powerbank, padahal ini berpengaruh besar pada input dan output arus.

Semakin canggih gadget, tingkat mobilitas seseorang, berpengaruh besar pada penggunaan powerbank. Ibaratnya gadget dan powerbank adalah sepasang suami istri. Saling melengkapi satu sama lain. Kebayang nggak kalau ternyata suami istri tersebut nggak semisi sevisi? Powerbank sendiri harus mempunyai kapasitas baterai yang mampu mendukung gadget. Biar nggak ada kata berseteru antara keduanya, ASUS Zenpower hadir dengan baterai buatan spesialis produsen asal Jepang. Lithium-ion Rechargable Cell dengan rated capacity 3.6V/10.050mAh. Kelebihan baterai ini adalah kemampuannya dalam memasok hingga 3 kali untuk smartphone atau gadget dan memiliki masa pakai yang lebih panjang.

Tingkat kegaptekan dan kudet terhadap gadget, seringkali bikin teledor kalau beli handphone dan barang elektronik. Ujungnya ditengah jalan pasti ada yang rusak. Emang sih ini efek nggak mikirin sejauh mana komponen dari barang elektronik tersebut. Istilah kerennya asal beli. Hihi. Walau tampil dengan model unyu segenggaman, ASUS Zenpower mempunyai 11 teknologi pengamanan. Diantaranya :

1. Temperature protection
Anda tahu, efek panas saat sel baterai diisi ulang dapat merusak baterai itu sendiri. Di sini ASUS mendesain sistem yang menjaga suhu baterai lithium agar tetap dalam kisaran yang aman.

2. Short circuit protection
Guna mencegah korsleting akibat arus pendek, ZenPower memiliki detektor yang akan memutus jalur koneksi sehingga kejadian tersebut tak menyebabkan kerusakan.

3. Reset protection
Tombol power di ZenPower juga berguna untuk melakukan reset ketika powerbank mengalami masalah. Feature ini jarang dimiliki powerbank pada umumnya.

4. Input over voltage protection
Fitur yang mampu mendeteksi tegangan input/masuk. Jika melebihi batas maka ZenPower akan mati secara otomatis agar powerbank dan gadget Anda terhindar dari kerusakan.

5. Output over voltage protection
Fitur yang mampu mendeteksi tegangan output dari ZenPower yang mencegah gadget rusak dari output tegangan yang tidak normal.

6. Input reserve direction protection
Saat kabel charger terhubung sekaligus ke input dan output maka ZenPower akan mematikan daya dan memunculkan indikator peringatan, ini demi mencegah terjadinya setrum yang membahayakan pengguna.

7. Over charge / over discharge protection
Saat pengisian daya penuh, ZenPower akan mematikan proses pengisian yang dapat menyebabkan baterai kelebihan atau kehabisan muatan sehingga baterai gadget lebih berumur panjang.

8. Output over current protection
Untuk mengamankan gadget, ZenPower pun akan menghentikan arus output yang tidak normal (fluktuasi).

9. Cell PTC protection
Fitur ini dengan cepat mendeteksi suhu baterai. Jika terlalu panas maka proses charging akan dihentikan saat itu juga guna mencegah kerusakan lebih lanjut.

10. Adapter protection
ASUS PowerSafe Technology juga mampu memastikan konektor/kabel yang digunakan berada pada suhu yang aman saat proses charging berlangsung.

11. JEITA protection.
Teknologi cerdas berikutnya yang memonitor perubahan suhu dan menyesuaikan arus listrik pengisian sehingga powerbank ZenPower 1,8X lebih awet dibandingkan powerbank lainnya.

Secara keseluruhan, baik tampilan dalam maupun luar, ASUS Zenpower memang cocok untuk teman smartphone atau gadget canggih. Selain menambah rasa percaya diri, juga bisa menjadi teman setia kemanapun pergi. Terutama untuk orang teledor dan pelupa sepertiku, powerbank ini memberi keleluasaan untuk berekspresi dengan gadget.


Salam,

@tarie_tar

9 komentar:

  1. Asus zenpower memang bagus ya, mba. Cepat ngechargenya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyooo betul banget, Mbak. Kagak khawatir nek mau pergi cepet-cepet :D

      Hapus
  2. keren ik...sukaa PB ini walaupun teteup jarang kupake gegara lupa dicash *plak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyakit kita sama makdew, suka lupa ngecas hihihi. ASUS ini powerbank pertamaku looh

      Hapus
    2. Eeeeng nganu aku juga jarang pakek. Hahaha. Soalnya agak menghindari juga keseringan pakek powerbank. Aku powerbank ketiga deh kayaknya :p

      Hapus
  3. Hem ini dari kemarin power bank yang saya inginkan. Hemm pengen punya.. apalagi tab saya asus. Jadikan nanti bisa punya keluarga asus haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beliiii beliiii :p

      Mungil dan asik dibawa ke mana-mana :D

      Hapus