Jumat, 25 September 2015

Kita, Setahun Yang Lalu

Kita, Setahun Yang Lalu

24 September 2014

Tanggal itu setahun yang lalu terasa istimewa. Masih ingatkah kalian? Hari itu kita akan mengukir catatan sejarah. Bukan sejarah untuk orang lain tapi untuk kita. Kita, bersembilan belas melangkahkan kaki menuju sebuah SD di pesisir Semarang. Tanpa memandang aku kamu siapa. Tak peduli datang dari mana, punya jabatan apa. Setahun yang lalu langkah kita seirama. Terasa ringan dan bergembira. Berderap-derap penuh semangat. Katanya hari itu kita akan "menginspirasi".

Pose kek gini ngangenin banget dyeh :)
Benarkah demikian? 
Jam demi jam bergulir. Kelas demi kelas kita sambangi. Sang surya bersinar terik. Angin khas pesisir ikut meramaikan suasana siang itu. Keduanya seolah berkompromi untuk mematahkan semangat kita. Rombongan belajar sekolah kita terbilang cukup banyak. Pengajar mundur pas hari H. Jadwal berganti mendadak. Masih ingat kan kita masuk kelas berapa kali? Jangan ditanya bagaimana rasanya. Capek? Pasti! Suara habis. Tenaga terkuras. Rupanya anak-anak kita terlalu bersemangat. Kita? Enggak kalah semangat donk! Buktinya masih mampu kumpul dan ngerumpi hebring usai ngajar. Bercerita bagaimana pengalaman masing-masing. Tertawa lepas.

Benarkah kita telah menginspirasi?

Niat awal kita katanya "menginspirasi" tapi kenyataannya justru kita terbelenggu dalam jaring "terinspirasi". Masih ingatkah kalian pada anak-anak berbaju batik dan celana biru muda? Masih ingatkah kalian pada gedung bertingkat dua dengan lapangan sempit itu? Masih terasakah angin pesisir meniup kencang balon impian yang kita terbangkan? Membawa lepas landas asa yang telah kita lebur bersama doa. Asa anak-anak berwajah lugu nun polos yang selalu menebar senyum. Setahun sudah. Apa kabar mereka?

Mereka <3
Masih ingatkah akan riuh rendahnya mereka menyambut kedatangan kita? Memeluk kita tanpa perasaan was-was sekalipun. Kita orang baru tapi sambutan mereka mampu meleburkan benteng itu. Membuat kita menjadi bagian dari mereka. Menjadi keluarga baru sebuah sekolah dasar di tengah pemukiman padat penduduk pesisir. Wajah guru-guru sederhana. Sapaan dan senyum hangat bapak penjaga sekolah. Juga serentetan cerita bapak kepala sekolah akan banyak hal. Cerita yang membuat kita merasa jauh lebih bersyukur. Alih-alih menginspirasi, nyatanya pulang dari sana kita membawa segudang inspirasi.

Belum lagi inspirasi dari kalian, para relawan berhati mulia. Kita tak pernah kenal sebelumnya. Kita tak pernah bertatap muka. Semua yang datang pada hari itu menanggalkan segala ego. Semua berusaha menyatukan dan meluruskan niat. Perjumpaan yang begitu indah di tengah lingkaran positif. Apa kabar kalian?

Paket komplit :)
Setahun berlalu dengan cepatnya. Nggak terasa ya? Nggak akan menyangka akan berjumpa dan menjadi bagian dari kalian. Orang-orang hebat berhati mulia dan rendah hati. Sampai sekarang suka tersenyum geli mengingat semua kenangan tentang kita. Tentang obrolan random yang nggak pernah ada matinya. Tentang curhat geje yang kadang bikin ngakak guling-guling. Setahun sudah.

"KI Semarang 4 Ngangeni"

Itulah nama grup kita. Nama itu mencerminkan bagaimana kerinduan antar kita selalu ada. Kita terpisah oleh jarak juga kesibukan yang membelenggu masing-masing. Terkadang grup sepi. Terkadang rame. Tak apa. Yang penting sillaturahmi kita akan terjalin sampai nanti. Hangout kece juga beberapa kali kan kita lakukan? Yuk, kapan kita ke mana? *lhooo

Kelompokku, keluargaku, temanku, sahabat terbaikku,

Tetaplah menginspirasi di manapun kaki kalian berpijak. Sekecil apapun langkah itu, suatu saat kita pasti akan sampai di sebuah muara. Semoga langkah kecil itu bisa menular orang-orang di sekitar kita. Sehingga jala-jala itu terus menebar dan melebar. Hingga semua orang terkena dampak virus positif ini. Tebarkanlah walau pelan namun pasti.

Gadis-gadis ketjeh :*
Setahun sudah,

Waktu terasa begitu cepat bergulir. Agenda demi agenda telah dicoret dari list masing-masing. Beberapa pencapaian mungkin sudah membuat kita tersenyum manis. Jika ada getir, bukan berarti membuat kita patah arang. Kita masih akan selalu bersama kan? Jika rindu mulai menggebu, bukalah grup whatsapp dengan nama paling kece. Di sana terdapat orang-orang yang selalu bikin semangat dan kangen.

Semoga kita tak akan pernah lupa, 25 September setahun lalu, sekarang dan tahun-tahun selanjutnya. Bahwa kita pernah berjumpa, tertawa dan katanya sedikit membagi asa. Kelak jika Tuhan menakdirkan kita berkumpul komplit, akan ada tawa pecah mengingat kenangan kita 24 September 2014 silam.

"KI Semarang 4 Ngangeni",

Selamat setahun yaaa...

Yakiiiin aku kangen kaliaaaaaan! Mwah mwah mwah :*


Semarang, 25 September 2015
Salam sayang selalu,

@tarie_tarr

12 komentar:

  1. Waktu ultah KI Batam kemaren diputerin video perjalanan kami selama setahun. Wuaaah.. pada mewek. Karena bagi kami, KI itu bukan lagi komunitas, tapi udah jadi keluarga. Selalu ada cinta untuk KI :)

    BalasHapus
  2. Pendidikan adalah hak setiap warga negara terutama anak anak.. Hhmmmm.. Tapi bapak menteri itu tak tahu anak anak tidak memenuhi kewajiban nya sebagai seorang pelajar (hhhh... Anak jaman sekarang) btw aku jadi kangen reunion dengan teman teman aku juga nih makk..

    BalasHapus
  3. Masih ingatkah dirimu denganku? aahhh wajah wajah ceria anak anak selalu bikin hati melted. Terharu biru....

    batik e cakep sing digawe

    BalasHapus
  4. Cuma mau bilang, aku terharu T_T

    BalasHapus
  5. Belum pernah ikutan acara ini, di Malang pernah ada rekrut, cuma suami yg ikut dan gak lolos seleksi :D

    BalasHapus
  6. semoga persahabatannya langgeng muahh..muahh..

    BalasHapus
  7. semakin ke sini kok aku nggak pede ya mau ikutan, aku takut nervous dan garing bercerita di depan anak-anak.

    BalasHapus
  8. Semangat terus untuk menginspirasi ya ^^

    BalasHapus
  9. hiks aku belum pernah ikutan KI bingung mau ngajari apa :(

    BalasHapus