Kamis, 03 September 2015

Mencicipi Kencangnya Smartfren 4G LTE


"Dapat email dari Smartfren nggak? Ada undangan nih buat ikutan Network Drive Test
Sebuah pertanyaan nongol dengan manisnya di whatsapp. Pikiran pesimisku seketika ngumpul. Mana mungkin dakuw bisa dapat undangan? Ngeblog aja masih bolong-bolong, bahkan kadang lebih suka bobok manis *halah.  Oke, ini kesalahan pertama, pikiran pesimis!

Saat itu aku juga lagi malas buka yahoo, email yang selama ini nampang manis di blog. Interaksi sudah beralih ke gmail entah sejak kapan. Jadi yahoo terabaikan. Hiks, maapin ya, Ho! Baik, ini kesalahan kedua! Aku yang saat itu lagi dihinggapi penyakit "mood berantakan" jadi nyambung enggak nyambung. Hampir saja rejeki itu melayang. Alhamdulillah ternyata Allah sungguh baik. Dia menggerakkan hati dan tanganku buat buka yahoo tanggal 24 Agustus 2015 *sujud syukur*

Daaaannn....eeenggg...iiinggg...enggggggg! Glodak! Hampir saja dakuw kesedak air putih segalon gegara sebuah email nongkrong manis sejak tanggal 13 Agustus! Omigootttt! Singkat cerita dan setelah konsultasi dengan kawan baik, bismillah mangkat, Dab!

Ketemu mereka (lagi) :p
Gumaya Tower Hotel menjadi meeting point kami, para blogger, jurnalis serta pihak Smartfren. Setelah beberapa jam sebelumnya ada edisi ditelpon Mbak Fitri dan Mas Seno, alhamdulillah mendarat di TKP dengan selamat dan wajah sumringah. Why? Gimana enggak sumringah wong ketemu dengan temen baru gitu. Nambah list teman lagi, kan? Nah, berhubung undangannya jam 12.00 jadi cucoklah bagi anak kosan buat ngirit jatah makan siang lho. Etapi ada yang bikin wajah berseri-seri bak ketemu calon suami dink *uhuk. Itu kenapa teman blogger yang udah datang pada khusyuk di kursi masing-masing ya? Kayak otak-atik sesuatu? Tralalaaa...trililiiiii...ternyata mereka pada pegang henpon satuk-satuk! Omigoott!
Duh, asyiknya yang lagi drive test :D
"Mbak, tanda tangan form ini dulu dan absensi, ya. Sebentar tak ambilin henponnya," sambut Mas Seno ramah menyambut kedatanganku yang telat.

Oke! Fix! Saya sepenuhnya baru sadar kalau kami dibekali henpon untuk drive test! Alhamdulillah. Bercipika-cipiki, berhaha-hihi, sambil menikmati jamuan makan siang sungguh amboy rasanya. Nambah teman, perut kenyang, hati senang!

Wajah-wajah blogger di network drive test
Berbeda dengan kawan blogger lain, kali ini dakuw kebagian Andromax Qi. Kata Mas Seno si Qi ini punya harga pasaran 1.3 juta. Yuk intip nih beberapa spesifikasi yang dimiliki :

Andromax Qi
- Dual Sim. Smartfren 4G LTE + GSM
- Dual Camera 5.0 MP AF with Flash +2.0 MP FF 
- Quard Core 1.2GHz. Qualcomn Snapdragon 410
- 1GB RAM + 8GB ROM
- Android 5 Lollipop
- Battery 1900 mAH

Selama makan siang kami juga mulai mencoba jaringan 4G LTE dari Smartfren. Walau pakai acara agak gaduh gitu gegara salah satu jamuan kami seharga 600 ribu! Namanya ikan malas. Bentuknya pun persis orang yang lagi bermalas-malasan. Rasanya? Enaaaaakkkk! Empuk, kenyal dan cepet abis itu seekor ikan dikeroyok rame-rame. Hihi :D


Ikan Malas. Segini 600 rebu harganya!
Smartfren sebagai salah satu operator pertama di dunia yang mengadopsi strategi teknologi yang lebih maju ke dalam jaringan mobile. Dalam hal ini Smartfren memanfaatkan teknologi LTE Radio, Rime Division Duplex (TDD) pada pita 850 MHz. Enggak heran kalau dia menawarkan kecepatan lebih tinggi dan jangkauan yang lebih baik. 

Jeprat jepret ria bareng pihak Smartfren
Arisan nih ceritanya :p
Grand Launching Smarfren 4G LTE-Advanced sendiri dilaksanakan di Jakarta tanggal 19 Agustus 2015. Woh, dakuw ketinggalan inpoh alias nggak tau *tutup muka. Sedangkan secara nasional, Smartfren telah meluncurkan layanan 4G LTE-Advanced di 22 kota. Bahkan lebih dari 1200 macro site Smartfren 4G LTE melayani pelanggan di 42 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Blora masuk salah satu dari kota tersebut donk. Ahay! Nggak sabar mudik buat drive test di sana :)

Iklan edukasi dari Smartfren
Saat makan siang sempat curhat ke Mas Seno soal modem dakuw yang super lelet. Padahal juga sama-sama produk Smartfren. Eh ternyata modemku sudah jadul! Hadooooh katrok lagi. Mas Seno menyarankan segera ganti dengan modem baru yang lebih wuussshh. Ah, nunggu gajian dulu deh, Mas :D

Usai makan siang dan sholat, kami diajak keliling Semarang untuk membuktikan kebenaran dan kekencangan jaringan 4G LTE ini. Selama perjalanan dakuw khusyuk nonton youtube plus download aneka macam sosial media. Hihi. Ketauan banget kan kalau dakuw tuh anaknya (agak) kekinian? Eeeenggg...agak benar dikit tapi lebih tepat dakuw tuh fakir kuota. Suka nebeng wifi gratisan di mana-mana *ups. Lha, ini mumpung lagi drive test, jadi mari kita buktikan kebenarannya. Dan...ternyata emang mak wuusssh mak wuusssh, Sodara-sodara! Secara dakuw selama ini cuma kenal 3G dan fakir kuota jadi harap maklum kalau norak-norak bergembira sama layanan terbaru ini. Enggak ada acara buffer segala gitu. Ada uji coba video call juga via line dan emang kualitasnya bagus banget. Ada yang mau video call sama dakuw? Ntar aku kasih nomer terbaruku deh :p 

Uji coba video call
Selain drive test, ada rangkaian acara lain yang dilaksanakan di SMP Sultan Agung 1 Semarang. Smartfren menggandeng 7 sekolah untuk mengikuti workshop bertema "Mengoptimalkan Smartphone dan Teknologi 4G LTE untuk Menunjang Dunia Pendidikan". Kali ini smartfren memberikan bantuan berupa satu buah modem dan paket internet gratis selama 3 bulan. Alhamdulillah. Semoga bisa membantu aktifitas berinternet di sekolah ya, bapak ibu guru :)

Workshop untuk para guru dari Smartfren
Untuk membuktikan seberapa cepat jaringan 4G LTE ini bisa diuji melalui ookla speedtest. Aplikasi ini enggak bisa bohong loh. Kalau memang hasilnya jelek ya jelek beneran. Dakuw pas nyobain ternyata masih dibawah 20. Di beberapa titik memang kondisi jaringannya belum begitu bagus. Maklumlah ya masih baru.

Nonton film di bis. Lancar jaya!
Acara keliling Semarang berakhir di Rinjani View. Sama dengan sebelumnya, kali ini kami ngobrol seru bareng Bapak Roberto Saputra selaku Direktur Smartfren dan Bapak Munir SP selaku Head of Network Service Project. Sewaktu ngobrol dengan Bapak Munir, kami ditantang menunjukkan hasil speedtest masing-masing. Hasilnya? Ada yang mencapai 43! Kami diajak Bapak Munir untuk melihat titik-titik mana saja yang memang mempunyai jaringan paling tinggi dan rendah sekalipun. Di titik rendah tersebut memang ada beberapa masih terkendala oleh beberapa hal. Jadi kesimpulannya layanan 4G LTE ini memang merakyat di segala tempat.


Diskusi ringan dari kegiatan network drive test
Dari layanan internet yang ditawarkan masing-masing provider tentu mempunyai ciri khas tersendiri. Mulai dari kuota, paket harian, bulanan, unlimited dengan harga berbeda. "Smartplan Limitless", layanan paket data 4G LTE terbaru. Layanan ini memungkinkan pelanggan bisa menggunakan layanan data tanpa ada biaya tambahan walau kuota utama telah habis. Biasanya kalau  kuota utama udah habis langsung nyedot pulsa reguler kan?

Selain itu ada program menarik sebagai apresiasi kepada pelanggan setia. Jika ingin menikmati layanan Smartfren 4G LTE, pelanggan cukup kirim SMS dengan kata kunci "LTE" ke 6046, datang langsung ke Galery Smartfren atau main ke website www.smartfren.com. Gampang bukan?

Berkeliling menikmati jaringan 4G LTE rasanya emang bikin nagih. Sampai rumah langsung deh dicobain lagi. Hasilnya? Mak wuusshhh lagi. Huraaayy! Penasaran?


Mak Irits lagi ngasih testimoni :)
Semarang, 03 September 2015
Salam,

@tarie_tar

12 komentar:

  1. Oooo...yg Qi pake android lolipop ya ternyata? Soalnya klo yg Q pakenya Cyanogen, Taro....bukan Android

    BalasHapus
    Balasan
    1. anroid jg mba Q android cyanogen

      Hapus
  2. Aku juga udah nyoba di rumah, lancaarrr, besok2 mau coba di Kudus ahh

    BalasHapus
  3. kereeeen mba jadi pengen deh :(

    BalasHapus
  4. Enaknya jalan-jalan merasakan smart fren, dapat makan enak pula.. Hem jadi pengen, saya belum pernah ikutan

    BalasHapus
  5. yang motret siapa tuh? ganteng yak? mirip andi arsyil hehe
    jadi, dikost mba tari dapet berapa Mbps? down sama upnya?

    BalasHapus
  6. ya ampun keren jadi pengen beli hehe

    BalasHapus
  7. seruuuu..rezeki cewe sholehah yaaa

    BalasHapus
  8. Aku mau dong ... ayo kirim kirim ke gw #Ngarep

    BalasHapus
  9. Aku mau video call sama kamuuuu

    BalasHapus
  10. Tapi emang cepet ini Smartfren...pas kemaren nyoba sih..ga tau ntar kalo lama2 pada pake semua :)) tapi naksir sama modemnya nih Mbak..."cuma" 400ribu...

    BalasHapus
  11. jelek banget sekarang
    sudah tidak bisa dihandalkan

    BalasHapus