Sabtu, 10 Oktober 2015

Satu Blogpost Itu Tantangan

Satu Blogpost Itu Tantangan



"Aku suka loh mantengin blognya Tari. Udah dapat apa aja dari ngeblog?"

Sebuah pertanyaan meluncur dari bossku yang paling kece dan gahul sekantor. Aku cuma mesem dan menjawab ala kadarnya "Yah, bisalah buat beli pulsa modem"

Yak, realitanya boss memang tahu kalau aku ngeblog dan doyan jalan. Enggak heran kalau sebulan sekali pasti ada status "ijin" sejak menjadi golongan fakir cuti per Agustus kemarin. Padahal ya bulan sebelumnya juga sering ijin. Entah setengah harilah atau beberapa jam. Hihi. Malah curhat soal boss :D

Mempunyai kantor yang terbilang cukup gampang akses internetnya memang menjadi tantangan tersendiri. Bisa jadi berkah tapi juga petaka. Godaan demi godaan kadang datang ketika jam efektif. Apalagi kalau lagi suntuk atau ngantuk. Internet menjadi salah satu dari penghibur. Kalau cemilan mah nggak usah ditanya :p *edisi doyan ngemil*
Jika ada yang bertanya soal,

"Pernah ngeblog di kantor?"

Pernah!

Aku nggak munafik soal ini. Pernah suatu kali ngeblog sampai panjang lebar bahkan sampai publish. Padahal aku termasuk orang yang rempong soal ngeblog. Entah itu soal ngedit fotolah, kata-kata, ngelamun dululah, mikirin hal-hal sepele yang kadang ngabisin waktu. Lha kok bisa sampai publish? Berarti korupsi waktu donk? Iya!

Aku menyadarinya pelan-pelan. Memang kantorku sekarang lebih tenang dibanding kantor lama yang tiap hari melayani pelanggan. Mana sempet internetan. Baru naroh pantat juga udah ada orang marah-marah :p Sedangkan kantor sekarang lebih memanajemen soal data. Collect data dari unit, verifikasi, bikin laporan. Intinya sih lebih banyak menggunakan otak. Dilatih banget soal memanajemen emosi dan waktu. Lebih longgar waktu donk ya? Tergantung. Bisa longgar tapi juga bisa gedabrugan

"Kamu kapok ngeblog di kantor? Terus kapan donk bisa bikin postingan?"

Iya! Aku kapok dan insyaf! Enggak lagi-lagi mencuri waktu bisa ngeblog bahkan sampai publish. Cukuplah kalau hanya blogwalking dan riset bahan postingan aja. Itupun sekarang sedang diusahakan ketika jam istirahat tiba, pagi sebelum jam kerja dimulai atau jam kerja selesai. Aku mengambil langkah kecil ini karena merasa cukup tertampar saat ada cerita soal "bagaimana manajemen waktu"Merasa berdosa banget saat jam efektif tapi dipakai buat seluncuran di dunmay. Lagi belajar bagaimana menghargai tempat dimana sumber penghidupan sehari-hari ada di sana. Jadi berusaha menggunakan jam kerja untuk menyelesaikan semua pekerjaan hari itu dan membuat to do list hari berikutnya. Apalagi saat seorang sahabat memberikan pencerahan dengan perkataan "Menurutku kalau di kantor Tari fokus sama kerjaan. Nanti di kos baru ngeblog. Santai. Nggak usah memaksakan"

Setiap keputusan pasti ada resikonya ya? Betul! Dengan keputusan tersebut aku kudu siap madep laptop pulang kerja. Biasanya disiasati dengan tidur beberapa jam dulu. Hanya saja keseringan bablas sampai pagi. Jadi tetap lebih suka ngeblog diatas jam 7 malam. Sudah mandi, sholat, dandan cantik (baca : pake baju tidur), makan dan mengistirahatkan mata. Enggak heran sih aku nggak begitu gahul di dunia perbloggeran. Paling yang kenal juga itu-itu doank. Alasan klasik sih tiap mau blogwalking selalu ketiduran pas pulang kerja. Dasarnya emang udah pelor sih :D

Bagiku sebuah postingan enggak cukup sejam dua jam. Apalagi kalau disambi main whatsapp. Udah deh dijamin bakal molor berjam-jam. Belum lagi aku type orang yang kebanyakan mikir. Nanti kalau ini gimana, kalau itu gimana. Yawes nggak jarang ketiduran di depan laptop. Ditambah dengan alasan kesehatan, yang mengharuskan diri ini meminimalkan begadang dan kebanyakan mikir. Ngeblog kan juga mikir sih. Hahaha. Padahal postinganku juga geje-geje hore :D

Makanya salut dan angkat topi bagi emak-emak dan mas-mas yang udah berstatus "orang kantoran" tapi produktif banget ngeblognya. Aku iri pada kalian. Suwer postingan ini murni dari pengalaman pribadi. Enggak ada maksud untuk sok nggak main internet di kantor atau bagaimana. Masih adalah kalau itu. Kan udah dibilang sedang belajar menerapkan :)

Sebenarnya kesempatan banget ya kantor menyediakan akses internet yang gampang. Bisa dengan mudah berseluncur ke dunia maya. Tapi kembali lagi, setiap orang mempunyai keyakinan dan prinsip masing-masing. Ciptakan peluangmu dengan segala daya upaya. Terlebih jika peluang yang ada itu nggak harus merugikan orang atau pihak lain. Akan terasa lebih bahagia dan ringan untuk menjalankannya.


Semarang, 10 Oktober 2015

Salam,

@tarie_tarr

22 komentar:

  1. Tari mah orangnya fleksible, wkwkwkwk.. kadang sehari aja bisa di lain-lain kota kan ya? apalagi soal kerjaan.. multi tasking.. ya nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha aamiin disebut multitasking :D

      Hapus
  2. Yup, ngeblog itu harus enjoy, kalau dikejer-kejer waktu apalagi dikejer bos, jadi ngga asyik lagi...

    BalasHapus
  3. yg penting semangat terus ngeblognya Taro....segala teori ga usah terlalu dipikirin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siaaappp. Mikirin postingan aja :)

      Hapus
  4. bukti kalau cewe lebih multi tasking dari cowo ... ha ha ha

    BalasHapus
  5. Memang gak mudah Mbak bikin satu blogpost. Apalagi kalau kita idealis, pengen artikelnya gini gitu. Kalau saya sih sebenarnya suka nulis dan ngedraft di sepertiga malam terakhir sampai subuh, (kayak solat malam aja), gak tahu ngalir aja ide begitu deras jam2 segitu. Tapi, tetap semangat ngeblog dan produktif! :D

    http://papanpelangi.co/2015/10/23/di-balik-kesulitan-ada-kemudahan/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyak. Tiap orang punya trik sendiri-sendiri :)

      Hapus
  6. Yang penting ngeblog aja, dan nggak usah mikirin yg lainnya. Yang penting tetap bebas blogging tanpa terkekang aturan :) *opo tho iki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap. Hehehe menjaga konsistensi yang agak berat :) *halah

      Hapus
  7. Tiap blogger punya kisah di belakang blognya ya Mbak Tari. Terutama karyawan kantoran, mesti menyisihkan waktu spesial untuk ngeblog. Kalau aku yg kerjanya di rumah ya, kapan saja sih. Dan itu gak menjamin juga posting update tiap hari hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe aku termasuk orang yang kesulitan ngatur waktu, Mbak. Suka susah gitu tiap pulang mau ngeblog. Ngantuk :D

      Hapus
  8. Aku ngak ngantor jadingak pernah ngeblog di kantor ihik ihik ihik #KangenKantor

    BalasHapus
  9. hai Tari,,,, woooo blog post pertama yang aku baca curhatan mu yak :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah iyaa mbaak. Blog ini isiinya curhatan doank kok :D

      Hapus
  10. waktu memang bisa tricky yaaa..bisa jadi musuh or teman..tapi setujuu..jangan dipaksakan..nanti malah stress sendiri hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya, Mbak. Kadang itu jadi gemes-gemes sedap :D

      Hapus
  11. Sekarang aku malah banyak ngeblog di kantor :D
    Kerjaannya malah berkaitan dengan ngbelog, sih hehehe
    Pulang ke rumah udah nggak sempat buka laptop, ngantuk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah asyiknyaaa :)

      Aku cuma berani BW aja, Mbak. Nggak enak kalau dikepoin :D

      Hapus