Sabtu, 14 November 2015

Persiapan Menyambut Akhir Tahun

Persiapan Menyambut Akhir Tahun

Tak terasa satu setengah bulan lagi tahun akan berganti. Bagi yang punya resolusi dan belum tercapai seperti saya pasti mbatin “duh, kok udah akhir tahun lagi sih?” Lalu ngintip list resolusi yang dulu pernah ditulis dengan sejuta semangat dan harapan. Sedangkan membukanya kembali menjelang akhir tahun rasanya deg-degan nggak karuan.  Kalau belum kecapai ya siap-siap jadi PR untuk tahun selanjutnya. 

Lain lagi ceritanya saya sebagai mbak-mbak kantoran. Menjelang akhir tahun begini ada perasaan ngeri-ngeri sedap. Resolusi ada yang belum tercoret, target kerjaan belum tercapai, serta ajakan berlibur berseliweran di depan mata. Duh, andaikan bisa membelah diri seperti amoeba *merapal mantra. Udah pasti bisa menclok kemana-mana. Hahaha kemaruk.

Akhir tahun begini saya memang lebih memilih jalur umum alias yang aman-aman saja. Memilah kegiatan di luar kantor yang akan diikuti menjadi pilihan. Selama masih ada kesempatan dan tenaga serta bisa mengatur waktu ikuti saja. Berhubung akhir-akhir ini gampang capek dan sedang ketat terhadap kesehatan, saya memilih jadi mbak-mbak kantoran yang patuh. Hihihi. 

Menjaga tingkat kewarasan biar tetap happy dan senyum tiap hari, ada beberapa hal yang biasa saya lakukan menjelang akhir tahun. Hal ini juga menjaga kondisi kantor agar tetap aman jaya juga sih atau terhindar dari keributan :D

Download kalender tahun berikutnya
Sudah download kalender 2016? Saya sudah! Kalender ini biasanya akan saya jadikan wallpaper monitor kantor. Hahaha. Lebih tepatnya sih mencari tahu jadwal libur panjang dan mempersiapkan cuti. Jika tim kerja hanya segelintir orang, cuti memang harus diperhitungkan masak-masak. Jangan sampai merugikan atau membuat rekan kerja merasa keberatan saat ditinggal cuti. 

Abaikan tawaran liburan
Menjelang tutup tahun begini beberapa teman sudah mempersiapkan libur panjang natal dan tahun baru. Saya? Mempersiapkan tenaga buat stand by di kantor. Hehehe seringkali tergoda juga untuk mengikuti jejak mereka. Siapa sih yang nggak ngiler bisa liburan?
Hanya saja tingkat kewarasan lebih mendominasi, beberapa kali saya menolak tawaran liburan dengan alasan klasik. Alasan lain sih biaya akan lebih mahal, tempat-tempat liburan ramai dan sungkan sama teman kantor. Iya, saya tuh orangnya nggak enakan. Hahaha. 

Siapkan buah dan cemilan sebanyak mungkin
Akhir tahun sama dengan program penggemukan. Begitu seloroh saya pada teman-teman kantor. Di beberapa meja dan laci biasanya terdapat aneka cemilan. Ini demi menjaga stabilitas otak dan badan loh. Walaupun jam makan nggak pernah telat, hanya saja akhir tahun selalu meningkatkan selera makan dan ngemil. Mungkin ini efek otak dan tenaga yang terlalu diforsir kali, ya? *pencitraan :p

Enggak ambil cuti
Akhir tahun merupakan hari-hari kritis kalau boleh dibilang. Terkadang suasana begitu spaneng, tenang, serius dan serba mendadak. Sungkan rasanya kalau ambil cuti di waktu seperti ini. Kebayang kan kalau teman-teman lain bekerja maksimal, kita malah liburan? Bisa disuguhin muka paling asem deh! Kecuali jika dalam kondisi mendesak loh ya atau telah membuat kesepakatan dengan tim sebelumnya. Kalau saya sejak pertama kali kerja memang belum pernah cuti di akhir tahun. Lebih memilih stand by dan mencari waktu cuti di awal dan pertengahan tahun. Aman.

Bikin rencana jalan-jalan
Kadang suka merencanakan. Tapi kadang lebih suka go show. Tapi minimal dalam tahun itu ada dua tempat yang akan dikunjungi. Tentunya tempat ini yang agak jauh, minimal naik kereta yang lumayan bikin tepos pantat :p Cuma balik lagi, saya orangnya enggak muluk-muluk banget. Sebagai mbak-mbak kantoran saya sadar diri soal cuti. Sehingga memang harus memperhitungkan jauh-jauh hari. Setidaknya rencana jalan-jalan bikin semangat untuk cari recehan dan nabung :D

Jadi apa persiapan akhir tahun kalian? Mau liburan ke mana? Atau stand by di kantor juga? 

Salam,

@tarie_tar

8 komentar:

  1. aku ambil cuti pas awal desember, soalnya akhir desember udah gak bisa kemana2, ada acara kantor dan laporan yg harus dikerjakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Desember anteng bagi pekerja kantoran. Hihi. Semangat mbaaakk!

      Hapus
  2. Di sekitar semarang aja mb.
    Tgl 21-22 ada festival d taman mentri supeno mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kemarin nggak datang ke sana, Mbak :D

      Rame banget soale :p

      Hapus
  3. Wes wegah mikir pergantian tahun hahaaa. Resolusi selalu meleset. Ini cuma mau mikir liburan dekat2 aja krn anak2 udah tanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha podoooo. Buku resolusiku entah di mana iki. Wah arep liburan. Meluuuuu

      Hapus
  4. kalau kalender, saya gak pernah donlot apalagi beli. Alhamdulillah, ada aja gratisannya hehehe

    Saya juga menghindari liburan saat peak season. Selain lebih mahal juga lebih ramai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku selalu donlot, Mbak. Buat dipajang jadi wallpaper soalnya. Biar gampang kalau mau menghitung cuti secara diam-diam :D

      Iyaa aku juga malas kalau pergi pas peak season. Mihil :D

      Hapus