Minggu, 31 Januari 2016

Acer Liquid Z320, Pelipur Orang Tua dan Sahabat Anak di Era Digital

Acer Liquid Z320, Pelipur Orang Tua dan Sahabat Anak di Era Digital

"Ibu, aku mau pinjam handphone. Mau liat-liat foto kemarin dan main games," seru anak teman saya. Saat itu saya sedang berkunjung ke rumahnya.

"Temani tante dulu, Nak. Masak tante ke sini kamu malah asyik main handphone?" sang Ibu menolak halus sambil melirik saya.

Sang anak diam dan memasang tampang manyun.

Saya nyengir mendengar percakapan mereka.

Itu hanya sebagian kecil kejadian yang sering saya temui saat bertandang ke rumah teman. Nggak kalah sering saya dicuekin sang anak gara-gara mereka asyik main tab atau handphone. Kalau sudah begitu, apapun usaha saya buat main sama mereka pasti gagal total. Mungkin yang ada di pikiran mereka, lebih asyik main tab daripada bareng tante yang bawelnya ngalahin emak mereka

Di lain waktu saya nggak kalah sering dibuat terlonggo-longgo. Pernah gitu lagi asyik whatsappan sama teman, tiba-tiba gaya bahasanya jadi aneh. Eh, usut punya usut ternyata anaknya yang mainan whatsapp. Duh! Saya sih ngebayangin kalau sampai obrolan-oborlan kami dibaca juga. Hiks :(

Beberapa kali juga menjumpai orang tua yang memilih gadget sebagai "penghibur" saat anak mereka menangis. Atau jika orang tua sedang sibuk, gadget dijadikan alternatif "teman" untuk anak mereka. Bahkan ada anak tujuh tahun sudah pegang gadget canggih dengan harga jutaan rupiah. Terlepas apapun alasan para orang tua mengenalkan atau membekali gadget kepada anaknya, jauh di lubuk hati saya masih seringkali menolak. Entah sikap apa yang akan saya ambil jika sudah jadi orang tua nanti ya.  

Saya suka ngeri sendiri melihat anak dengan mudah dan bebasnya browsing macam-macam.  Memang tak bisa dipungkiri, jaman semakin canggih, semua informasi bisa dengan mudah diakses lewat tangan. Tapi akankah gadget menjadi pilihan untuk menemani keseharian si kecil?


Boleh main gadget di waktu tertentu ya (foto koleksi pribadi)

Diantara kegalauan tersebut, pernah terbersit dalam pikiran kelak saya pasti membatasi ruang gerak si kecil untuk urusan gadget. Hihi. Pasti nanti dibilang mahmud kebanyakan aturan deh. Apapun yang dilakukan orang tua, tentu mereka selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, bukan?

Dewasa ini bisa dengan mudah dijumpai smartphone canggih dengan kualitas mumpuni dan harga terjangkau. Tergantung kebutuhan dan dana yang tersedia. Salah satu smartphone yang patut dilirik adalah Acer Liquid Z320.


Acer Liquid Z320 (credit foto : www.acerid.com)
Smartphone yang satu ini juga disebut-sebut sebagai smartphonenya orang Indonesia. Mengapa?

- Hadir dengan layar 4,5 inchi yang pas di tangan. Menggunakan jenis layar In-Plane Switching (IPS) membuat kita tetap bisa melihat layar walaupun dibawah terik sinar matahari. Ditambah teknologi BluelightShield yang jika dinyalakan mengurangi emisi cahaya biru di layar.

- Dilengkapi prosesor quad-core dengan kecepatan 1.1GHz dari Qualcomm membuat daya baterai lebih irit. RAM 1GB dan memori internal 8GB, sangat cukup untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Didukung dengan internet selular HSDPA yang mampu mencapai kecepatan 42Mbps. Sehingga mendukung juga untuk kegiatan termasuk browsing, chatting, bermedia sosial.

- Bagi yang hobi mendengarkan musik, smartphone ini dilengkapi dengan DTS Sound sehingga suara semakin jernih dan detail.

- Bagi yang hobi memotret makanan, ada Fitur Gourmet Mode yang biasa menghasilkan foto makanan tampak lebih lezat dan menggiurkan. Smartphone ini juga mampu menganalisis fokus dan menyesuaikan temperatur warna makanan.

- Dengan desain hairline brush dan rangka belakang melengkung memberikan kesan kokoh serta nyaman digenggam satu tangan. Berbobot 142 gram sehingga gampang diselipkan dan ringan saat dibawa ke mana-mana.

- Dual SIM sehingga nggak perlu pusing jika ingin punya nomor telepone lebih dari satu. Dilengkapi juga dengan Android 5.1.1 Lollipop membuat smartphone ini semakin mumpuni untuk dimiliki.

- Dilengkapi Fitur Kids Center. Sebuah fitur yang dirancang khusus untuk anak-anak. Fitur ini sangat membantu orang tua dan anak dalam memanfaatkan smartphone. Berbagai macam aplikasi yang mendukung kreativitas anak semakin membuat fitur ini semakin kece. Setiap hari tersedia konten baru baik youtube maupun game, mulai dari yang gratis maupun berbayar. Di sini orang tua juga bisa membatasi penggunaan dengan mengatur situs web dan waktu penggunaan untuk si kecil.

Kegalauan saya terbantu sudah. Rencana membatasi penggunaan smartphone pada si kecil akan tertolong dengan adanya fitur Kids Center pada Acer Liquid Z320.

Kids Center merupakan fitur yang dapat membatasi aplikasi, konten, akses data yang tidak sesuai dengan usia anak. Orang tua nggak perlu khawatir ketika si kecil memegang smartphone ini karena dilengkapi dengan parental control. Sehingga orang tua bisa memantau aktivitas si kecil dalam menggunakan internet. Selain itu orang tua juga  bisa mengatur keamanan penggunaan smartphone, sehingga si kecil tidak bisa bebas untuk download konten dewasa atau membeli aplikasi baru. Pengamatan saya, saat anak sudah dibekali smartphone, tersedia paket internet, maka tanpa rasa bersalah anak bisa dengan bebas main youtube atau download aneka aplikasi. Misal aplikasi tersebut dihapus, si anak pasti marah-marah dan meminta untuk download ulang.


Kids Center (credit foto : www.acerid.com)
Kids Center juga menyediakan berbagai konten bermanfaat bagi anak-anak. Ribuan aplikasi edukasi yang membantu anak mengasah ketrampilan serta bakatnya. Anak bisa dengan nyaman dan bebas menggunakan youtube serta bermain games tanpa perlu orang tua khawatir. Takut anak bosan dengan aplikasi yang sudah tersedia? Nggak perlu! Kids Center menyediakan update content yang setiap harinya menyediakan konten terbaru.


Sangat tertolong dan memudahkan bukan dengan fitur Kids Center ini? Si kecil bisa mengasah ketrampilan, bermain, orang tua tetap bisa mengawasi tanpa perlu rasa khawatir.

Mengapa fitur Kids Center ini bisa jadi pelipur orang tua dan sahabat anak di era digital?


Smartphone ramah anak (credit foto : www.acerid.com)

 - Mempunyai tampilan full colour akan membuat anak merasa nyaman. Icon warna warni akan menarik rasa penasaran anak untuk mencoba fitur Kids Center ini.

- Si kecil hanya bisa menikmati aplikasi dan situs tertentu sehingga bisa meminimalisir mereka mengonsumsi konten yang tidak baik atau memiliki dampak negatif.

- Memberikan usulan aplikasi video serta games yang aman dan sesuai untuk dimainkan si kecil.

- Banyaknya channel video yang edukatif dan bisa bertambah setiap hari sehingga si kecil tidak akan merasa bosan.

- Tampilan memutar video berbeda dengan tampilan youtube sehingga si kecil tidak tersesat  saat memutar video yang tidak sesuai dengan profil penggunanya.

- Extra Safe Zone menawarkan  perlindungan lebih dengan mengunci ponsel di Kids Center walaupun telah dinyalakan ulang.

- Kamera dilengkapi dengan bingkai foto yang lucu sehingga si kecil semakin bersemangat untuk berekspresi sebebas mungkin.

- Galeri foto terpisah dengan galeri utama. Foto tidak akan campur. Kemungkinan si kecil untuk melihat foto-foto utama sangat kecil.

- Coloring pages menawarkan gambar-gambar lucu yang akan membuat anak betah untuk belajar mewarnai.

- Orang tua bisa dengan mudah melakukan pengaturan dengan step-step yang mudah dipahami. Sehingga si kecil tetap nyaman menggunakan fitur Kids Center ini.

Melihat aneka fitur dan berbagai perlindungan yang diberikan, kekhawatiran orang tua tentu akan semakin menipis. Mereka bisa memberikan kesempatan si kecil menggunakan smartphone dengan kenyamanan double. Pertama rasa aman dari fitur Kids Center sendiri. Kedua dari orang tua yang mendampingi saat saat si kecil memegang smartphone.    

Bagaimana? Masih bimbang untuk mengenalkan si kecil dengan smartphone? Tentu rasa galau dan cemas akan terkikis saat mengenalkan si kecil pada Acer Liquid Z320 :)

Salam,

@tarie_tarr    

9 komentar:

  1. Klo NAJIN terserah main game, dibagi waktunya antara game dan belajar. Dan nggak bisa browsing sembarangan. Lock wifi. Marabahaya soalnya provider india without sensor....

    BalasHapus
  2. Tante.. beliiin acer liquid ini buat Thifa dooong :D

    BalasHapus
  3. Kaka kakaa..mau dong dipinjemiin acernya sampe boseenn hihih

    BalasHapus
  4. Wah baru tahu sisi lain dari fitur Kids center ini. Makin ngiler dan nggak sabar dudah celengan nih mbak.

    BalasHapus
  5. Fatih nih sudah beberapa kali nanya,"Mama beli hape dimana? Aku mau beli juga". Hm, besok kalau ganti hape, mending yang aman buat anak aja kali ya..

    BalasHapus
  6. wahhh ada untuk membatasi situs yang dibuka anak2 yaa, ngeri kalau buka youtube sering ada iklan aneh2..cck...

    BalasHapus
  7. Iya bener sekali mbak Tarr, keponakan saya belum genap 3 tahun sudah mahir main gadget :(

    Acer ini bagus juga ya mbak, ada situs khusus anak segala :)

    BalasHapus
  8. Fitur Kids center dari Acer ini memang inovatif dan memberikan proteksi bagi anak2 ketika berselancar di dunia maya

    BalasHapus
  9. Wah recomended ini ya. Baiklah. Makasih tante Tarie :-*

    BalasHapus