Minggu, 10 April 2016

Kamu (Hanya) Liburan di Rumah?

Kamu (Hanya) Liburan di Rumah?


Terlahir dan besar di desa membuat saya hampir nggak kenal sama liburan ke tempat jauh. Paling banter ke tempat simbah di desa sebelah. Atau enggak ngikut bapak ke pasar. Hal paling menyenangkan jika liburan tiba. Ke pasar, dibeliin jajan, masih dibungkusin pula. Kesempatan langka. Hihihi. 

Jika libur panjang tiba, saya dan teman-teman akan bermain sepuasnya. Petak umpet, kelereng, masak-masakan, rumah-rumahan, dan aneka permainan lain. Kami bisa main sampai sore dan lupa tugas rumah. Entah kenapa ya dulu saya senang aja liburan sekolah hanya di rumah. Nggak seperti sekarang kalau weekend atau ada tanggal merah berdekatan bawaannya mau cuti *eh*

Setelah bisa mengais rupiah dan merantau ke luar kota, weekend menjadi hari paling favorit. Pasti sudah ada rencana pergi ke suatu tempat. Nongkrong-nongkrong kece di cafe kekinian. Menghabiskan segelas es teh ditemani rumpian dari A-Z. Belum lagi cerita ngalor ngidul lain. Kebiasaan nongkrong dari kafe ke kafe tiap weekend bikin kantong bolong juga. Hiks. Akhirnya saya dan teman-teman sepakat, hanya dua kali sebulan saja kami nongkrong kece. Selain itu diserahkan ke masing-masing. Bagi yang punya duit monggo nongkrong. Kalau yang mepet siap-siap nongkrongin kosan.

liburan di rumah
Ponakan tersayang lagi liburan :D

Saya jelas masuk golongan yang memilih di rumah. Hihihi. Memanfaatkan weekend di rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang bikin kantong kempes. Ada beberapa tips ala anak rantau nih saat liburan di rumah.

1. Siapkan kegiatan yang ingin dilakukan. Sebenarnya saya agak woles jika liburan di rumah. Tapi sekali waktu saya suka membuat jadwal liburan di rumah sendiri. Misal sabtu saya berencana bersih-bersih rumah, mulai dari nyapu, ngepel, nguras bak mandi, nyuci dan nyetrika. Hari minggu baru diisi dengan beres-beresin buku atau membaca. Soalnya kalau dibuat santai suka kebablasan banyak tidur. Hihi.

2. Siapkan cemilan. Cemilan itu perlu banget loh. Apalagi bagi orang yang suka didera mager alias malas gerak seperti saya. Cemilan menjadi dewa penyelamat dan bikin betah di rumah.

3. Lakukan dengan hati gembira. Katanya segala sesuatu yang dilakukan dengan hati gembira hasilnya akan maksimal. Walau hanya liburan di rumah tapi tetap harus gembira loh. Biar energi baru akan selalu ada untuk menyambut esok hari.

Nggak usah sedih kalau weekend banyak dihabiskan di rumah kayak saya. Lha gimana wong kantong lagi tipis. Maunya sih jalan-jalan cantik tapi kalau liburan di rumah menyenangkan kenapa enggak?


Salam,

@tarie_tarr  



5 komentar:

  1. Liburan di rumah itu.... waktunya buat bobo-bobo cantik sambil baca novel...

    BalasHapus
  2. Liburan di rumah itu semacam ngecharge batere tubuh, hihihihi.

    BalasHapus
  3. Asik jugaa liburan di rumah, ngumpul2 dan leyeh2..

    BalasHapus
  4. Bener Mbak, dulu pas masih kecil di desa, setiap hari malah terasa liburan karena adaaa aja yang mau dilakukan mengisi waktu luang hehehe :)

    BalasHapus
  5. Jadi dirimu iki wong ndeso yo Tar ? *njalukdikeplak, hehehe Peace

    Aku suka liburan dirumah lo semua keluarga kumpul. Rame cerita ini itu. tapi keadaan rumah sama, mending mbolang. Nek kantong tipis, dolan sing cedak cedak wae.

    BalasHapus