Senin, 05 September 2016

Merencanakan Liburan Layaknya Menyongsong Sebuah Masa Depan



"Mbak, ini peruntukan tabungannya untuk apa?" tanya petugas bank.

"Eeemmm...liburan aja deh, Mbak. Biar semangat nabungnya beda," jawab saya asal.

Jum'at tanggal 26 Agustus kemarin kantor saya kedatangan bank untuk promosi produknya. Awalnya sih hanya ngikut teman bertanya-tanya. Eh, malah tergiur juga buka tabungan karena biaya administrasi rendah dan berbagai kemudahan lain. Paling penting ATM tersedia di kecamatan tempat saya lahir.

Sebagai embak kantoran yang hanya bisa mengantongi 12 hari cuti dalam setahun, agenda liburan itu perlu perhitungan khusus. Apalagi saya termasuk golongan orang-orang yang nritik atau detail soal persiapan liburan. Mulai dari dana, waktu, tempat, serta berbagai persiapan lain. 

Berhubung saya masih terlalu labil untuk persiapan liburan, tanggal 28 Agustus kemarin menjadi kesempatan untuk menimba ilmu dari dua travel blogger Indonesia, Mbak Donna Imelda dan Mbak Muna Sungkar. Beliau berdua menjadi pembicara diacara seminar Sunlife dengan tema "Wujudkan liburan terbaikmu"

Mengenalkan keluarga Indonesia dekat dengan asuransi

Minat masyarakat Indonesia terhadap asuransi masih tergolong cukup rendah. Hal ini terlihat dari tingkat penetrasi asuransi konvensional baru mencapai 2,51% pada September 2015. Hal inilah yang mendorong Sun Life untuk mengadakan pameran dan seminar literasi keuangan di berbagai kota di Indonesia. Seminar ini mempunyai tujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang asuransi, investasi dan kewirausahaan.  Diharapkan masyarakat sadar betapa pentingnya merencanakan keuangan sejak dini.

Memberikan kemapanan finansial untuk keluarga Indonesia merupakan salah satu misi Sunlife. Untuk itu Sun Life hadir dengan portal online terbaru bernama Bright Advisor. Portal ini merupakan media penyedia informasi mengenai asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi dan perencanaan keuangan. Beralamat di www.brightadvisor.co.id diharapkan mampu memberikan informasi, menjawab pertanyaan dengan bahasa yang gampang dipahami. Setiap orang bisa mengakses Bright Advisor tanpa harus menjadi nasabah Sun Life terlebih dahulu.


Liburan kemarin hanya di hotel :D
Sebagai anak usaha dari Sun Life Financial, Sun Life Financial Indonesia memiliki berbagai macam produk perlindungan dan pengelolaan kekayaan dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan perencanaan pensiun. Sun Life Financial Indonesia juga menggandeng lembaga keuangan nasional dan multinasional terkemuka untuk saling bersinergi.


Seberapa penting persiapan sebuah liburan?

Seminar yang berlangsung di Hotel Horison berlansung seru. Banyak ilmu yang bisa diambil dari pengalaman kedua pembicara yang telah malang melintang di dunia travel blogger. Nggak rugi deh bisa datang di acara seminar. Walau sebelumnya sempat maju mundur karena berbagai acara.

Seminar Sun Life Financial Semarang
Sebagian peserta seminar dan pembicara

Menurut Mbak Donna, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk liburan, antara lain :

1. Rencanakan liburan terlebih dahulu. Di sini mencakup destinasi, waktu, budget harus jelas. 

2. Bagi setiap uang yang masuk ke dalam pos-pos tertentu. Jangan gunakan pos lain untuk liburan. Persiapkan sendiri dana untuk 

3. Tentukan budget yang akan digunakan untuk liburan. Budget ini termasuk untuk urusan oleh-oleh, akomodasi, transportasi, tiket masuk tempat wisata, biaya komunikasi, dll.

4. Jangan gunakan kartu kredit untuk jalan-jalan jika tidak bisa menggunakannya dengan bijak. Jangan sampai pulang liburan malah mumet gimana cara bayarnya. Enggak lucu, kan?

5. Siapkan dana cadangan. Setiap orang memiliki besaran berbeda untuk urusan dana cadangan. Dana ini setidaknya bisa digunakan untuk menutupi kebutuhan tak terduga yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

6. Siapkan asuransi perjalanan. Banyak orang yang terkadang mengabaikan hal ini, termasuk saya salah satunya. Mikirnya pasti asuransi perjalanan ini mahal. Padahal asuransi perjalanan akan memberikan rasa tenang saat kita liburan. 

Pay first, play later!

Seminar Sun Life Financial Semarang
Saya dan pembicara hits dari Jakarta :*

Sedangkan menurut Mbak Muna Sungkar yang biasa melakukan family traveling, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan :

1. Lihat tanggal libur jika anaknya sudah sekolah. Cocokkan dengan cuti kantor. Diskusikan dengan anggota keluarga kapan mau liburan.

2. Pastikan budget dari awal. Harus ada orang yang bisa mengontrol pengeluaran saat liburan. Apalagi liburan sama anak. Bisa jadi tiap lihat hal yang lucu-lucu minta dibeli.

3. Tentukan liburannya mau backpacking atau pakai travel agent. Keduanya sama-sama memiliki plus dan minus. Tergantung juga dengan kondisi kantong keluarga.

4. Cari tiket jauh-jauh hari. Kalau bisa 2-3 bulan sebelum liburan dilakukan. Rajin bertandang ke booking situs online. Jangan lupa bandingkan satu dengan yang lainnya.

5. Susun itinerary terlebih dahulu. Liburan dengan anak tentu akan berbeda jika solo traveling atau hanya berdua dengan teman.

6. Liburan anak harus dibawa fun. Jangan sampai anak tiba-tiba ngambek tanpa alasan. Jika capek ajak istirahat. Bukan lagi urusan jumlah tempat yang dikunjungi, tapi moment yang tercipta antara anak dan orang tua menjadi hal paling penting.

7. Packing jauh-jauh hari. Ajak anak untuk belajar mengemas barangnya sendiri. Anak-anak tentu akan jauh lebih antusias.

8. Scan dokumen pribadi dan kirim ke email pribadi. Hal ini dilakukan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya kecopetan.

9. Timbang semua barang yang dibawa. Jangan sampai over bagasi. Jika lebih kurangi barang-barang yang sekiranya tidak perlu.

10. Bawa mainan, obat-obatan, cemilan. Mainan digunakan untuk mengalihkan kebosanan anak dalam perjalanan.

11. Komunikasi suami istri harus terjaga dengan baik saat family traveling. Diskusikan jika ada hal yang bikin nggak enak hati. Suami istri harus bisa backup satu sama lain.

Seminar Sun Life Financial Semarang
Diantara dua pembicara ketjeh. Semoga ketularan :)

Bagi Mbak Muna, family traveling bisa mendekatkan hubungan antar keluarga. Bener banget ya? Seharusnya nggak ada alasan lagi kalau anaknya masih kecil, sibuk dengan kerjaan, padahal di sisi lain anak-anak tumbuh gede. Ujung-ujungnya nanti nyesel nggak bisa melakukan family traveling.

Rasanya belum puas mencuri ilmu dari kedua pembicara. Terutama untuk urusan budgeting dan mengelola keuangan agar pos lain tidak terkorek untuk liburan. Nggak gampang lho. Seringkali kita khilaf dan tiba-tiba nebok celengan pos lain. Hehehe. Liburan harus dipersiapkan sebaik mungkin. 

Jadi, kamu sudah merencanakan liburan ke mana?


Salam,

@tarie_tarr


14 komentar:

  1. Jadiiii, kapan kita ke mana? Uhuuuuy....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eeeemmmm nganu, jadiin yang itu aja siiih *kedip2 kode keras

      Hapus
  2. Tips2nya para mastah traveling ini oke bingits, kudu dicatet nih utk persiapan bepergian dg keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Embeeerrrrr. Tipsnya kece bingit pancen. Nanti akuh ikut pikniknya maknik aaahh

      Hapus
  3. Balasan
    1. Hahahaha mauuukkk aku mauuukk ke Pekalongan. Baru main sebentar doaaankkk

      Hapus
  4. Balasan
    1. Berangkaaaaaaaatttt. Koper mana kopeerrrr

      Hapus
  5. Saya kurang suka travelling tapi sekarang kok jadi pengen yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuukkkk traveling yang deket-deket aja dulu :)

      Hapus
  6. Moga kapan2 kita bisa liburan bareng *muach

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Tapi jangan disuruh momong Arkaan loooohh. Wwkwk

      Hapus
  7. Paling seneng kalo udah share sama travel blogger gini.. Duh passionku banget..
    Btw aku first time ini main ke blognya mbak Tari.. Hehe *salim*

    BalasHapus
  8. Mu liburan ke Semarang hhahaha bakso tahuuu... XD

    BalasHapus