Kamis, 15 September 2016

Wajah Baru Starbucks Paragon Semarang

Wajah Baru Starbucks Paragon Semarang


"Kok cuma buka dikit gini, Mbak?" tanya saya pada barista saat nunggu teman antre beli minum.

"Kami sedang masa renovasi, Mbak. Mohon maaf membuat kurang nyaman"

Saya mengangguk-angguk. Memang suasana cafe jadi sumpek. Hanya seuplik ruangan yang menjadi tempat melayani pelanggan. Tak apalah, toh saat itu saya dan teman hanya mampir sebentar. Semoga usai renovasi lebih nyaman untuk tempat nongkrong.




Beruntung Sabtu pagi tanggal 10 September 2016 kemarin saya berkesempatan untuk hadir di acara Re-launching Starbucks Paragon Semarang. Setelah mengalami masa renovasi, Starbucks Paragon memiliki suasana yang lebih homy dan cozy. Nyaman banget untuk membunuh waktu dengan segelas minuman dan camilan. Apalagi jika ditemani orang tersayang, waktu berjalan lebih cepat tanpa terasa. Etapi mau nongkrong sendirian juga asyik dink. Sekadar untuk membunuh galau. Tapi nggak usah baper kalau kanan kirinya berpasangan *eh :D




Belajar Tentang Coffee Tasting

Minum kopi itu ada langkah-langkah dan seninya juga lho. Nggak asal glek glek glek saja. 
Kami diajari Mbak Aisha bagaimana melakukan coffee tasting. Kebetulan pagi itu kami menggunakan kopi dengan varian terbaru dengan nama Anniversary Blend. Kopi ini baru dirilis tanggal 07 September 2016 kemarin. Belum ada sebulan, Bo'! 


Mbak Alisha menjelaskan langkah-langkah coffee tasting

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam coffee tasting ini. Sebagai orang yang sudah nggak pernah minum kopi karena suka deg-degan, saya penasaran juga. Apalagi ini kopi pahit tanpa gula. 

1. Smelling : siapkan hidung pada langkah pertama ini. Rasakan betul-betul aroma kopinya. Setiap jenis kopi yang berbeda memiliki aroma yang berbeda-beda lho. Tergantung di mana si kopi tumbuh. Jangan lupa tersenyum manis saat melakukan langkah ini ya.

2. Slurping : minum kopi sampai ada bunyi "sluuurrrppppphhhh aaahhh". Jangan langsung ditelen kopinya. Biarkan sejenak di rongga mulut dan rasakan sensasi yang timbul.

3. Desbribing : deskripsikan aroma, rasa yang timbul dari kopi yang telah diseruput tersebut. 

4. Pairing : langkah terakhir adalah menikmati kopi pahit dengan espresso brownie. Jika keduanya digabung memang mantep banget. Rasa pahit kopi berkolaborasi dengan legitnya brownies memang benar-benar memanjakan. Makan browniesnya dulu, baru seruput kopinya.


Alternatif lain pencinta non kopi Kebanyakan orang beranggapan jika Starbucks identik dengan kopi. Padahal ada coklat dan teh juga lho. Bagi pecinta teh, monggo berkenalan dulu dengan Teavana. Kemarin kami sempat icip-icip teavana dengan nama "Iced Shaken Green Tea with Aloe Dice and Prickly Pear" dan "Iced Shaken Hibiscus With Pomegranate Pearls". Rasanya seger banget. Cocok dinikmati dengan cemilan yang tersedia di Starbucks semacam Cinnamons Rolls, Chocollate Croissant, Tuna Pie, Espresso Brownie.   


Mau pilih mana? :)


Dicoba-dicoba

Isi croissant ini telor asin

Untuk memeriahkan acara, ada lomba jadi barista. Para peserta ditantang untuk meracik Iced Shaken Green Tea With Aloe Dice and Prickly Pear hanya dalam waktu 30 detik. Iyak, 30 detik! Jelas nyali saya langsung ciut. Gimana mau ikutan coba, wong megang gelas aja sering meleset jatuh. Daripada malu-maluin dunia barista, mending kibarin bendera putih aja deh. Hehehe. Mbak Archa, Mas Nuno dan Mbak Flo memberanikan diri menerima tantangan ini. Seru lihat mereka berpacu dengan waktu untuk mencoba hal-hal baru. Pemenangnya jatuh pada Mas Nuno! Selamat, Mas Bro! Mau alih profesi jadi barista? Sepertinya sudah cocok dan menguasai nih. Hihi. 


Mbak Nadia menjelaskan tentang teavana

Ukiran di belakang sana itu dari perajin Semarang

Wajah baru Starbucks Paragon Mall Semarang ini hadir dengan konsep "U can see bar". Pengunjung bisa melihat langsung para barista meracik pesanan. Mbak Nadia berharap dengan konsep baru ini para pelanggan lebih enjoy menghabiskan waktu sambil menikmati makanan dan minuman favorit. Starbucks di tiap kota juga menonjolkan desain khas kota tersebut. Di Starbucsk Paragon Semarang ada satu ukiran yang memang dibuat oleh perajin Semarang asli.


Koleksi tumblernya bikin klepek-klepek
  

Kekinian ah, nongkrong di cafe :D

  
Mau nongkrong bareng aku tak?

Sudah lama saya tak bersentuhan dengan kopi, tapi jika ada yang mengajak ke sini untuk sekadar membunuh waktu siap berangkat deh. Jadi siapa nih yang mau ngajakin? :D



7 komentar:

  1. Teavana belum coba. Biasanya english breakfast tea aja

    BalasHapus
  2. whahaa saya gak nyangka lhoo kalau itu isinya ternyata telor asin :D

    BalasHapus
  3. Jadi, kapan ngopi cantik di sini lagi? :D

    BalasHapus
  4. cakep bener suasana starbuck, ada rotinya pula, tak hanya kopi ya kak :)

    BalasHapus
  5. Jadi ini depan novotel bukan? Hihi..ihiy kopdaraaan.. :*

    BalasHapus
  6. Mau nongkrong.. ajak aku dik tariii... ajaaakk... hahahah XD

    BalasHapus
  7. Nyam nyam nyaam, kalo aku k SMG, ajakin ke sini ya Tariii :)

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus