Kamis, 13 Oktober 2016

Makassar dan Rindu Menggebu Hari Keenam


“Hari ketujuh di sana aku beneran malas ngapa-ngapain. Untung acaranya bebas. Bisa buat leyeh-leyeh seharian di hotel,” terdengar curhat di ujung telepon. 


“Lha emang kenapa?” tanya saya heran. Nggak biasanya. 

“Aku capek banget, Tar. Selain agenda padat sejak hari pertama, aku juga kangen banget sama rumah. Kangen anak-anak.” 

“Halah wong udah biasa pergi jauh dan lama.” 

“Entahlah, Tar. Pokoknya hari itu rasanya ingin bersantai. Emang kamu nggak ngerasain gitu kalau pergi lama?” 

“Aku kan baru dua kali bepergian agak lama. Secara golongan fakir cuti. Pas ke Makassar dan Bangka kemarin emosiku naik turun pas hari keenam. Efek kangen Semarang dan capek udah jalan berhari-hari.” 

“Nah sama kan kita? Cuma selisih sehari doank. Gitu kok sukanya ngeledek. Tak jewer kamu.” 




Keberangkatan saya ke Makassar tahun lalu tanpa rencana. Ada keinginan berkunjung ke Makassar tapi tidak dalam waktu dekat. Sedangkan sore di kantor ada tawaran menggiurkan. Rekan kantor minta saya ikut ke Makassar dan semua akomodasi ditanggung. Kecuali oleh-oleh donk ya. Bangkrut kalau nanti semua ditanggung. Hahaha. Nah, lho siapa yang nggak ngiler coba? Apalagi saat itu cuti saya masih banyak. Sekali mendayung dua tiga misi terlampaui. Bertandang ke Makassar plus memanfaatkan jatah cuti. Cerdas banget nggak? Hehehe. 

Foto begini itu wajib. Hello Makassar! :D

“Ayolah, Tar, ikut aja. Mumpung lho. Kapan lagi aku mau bayarin,” bujuk teman penuh semangat. 

“Duh, kemarin udah cuti sehari. Masak iya sebulan berkali-kali cuti?” tanya saya khawatir. 

“Halah enggak apa-apa. Ntar aku bilangin sama supervisormu.” 

Watampone, ibukota dari Kabupaten Bone merupakan tujuan utama kami. Sekitar 6-7 jam perjalanan darat dari Makassar. Ada dua jalur yang bisa ditempuh untuk menuju Watampone dan sebaliknya. Pertama melalui jalur pesisir. Kedua melalui jalur pegunungan. Jalur pertama lebih mulus dengan jarak tempuh terbilang panjang, 6-7 jam. Sedangkan jalur kedua lebih berkelok-kelok, sempit dan masih ada yang berlobang di beberapa titik.

Alhamdulillah saya merasakan kedua jalur tersebut. Berangkat melalui jalur pesisir dan pulang menggunakan jalur pegunungan. Jalur pesisir kami tempuh kurang lebih 7 jam perjalanan. Rasa capek usai perjalanan marathon Semarang-Surabaya-Makassar terbayar dengan pemandangan pantai yang indah. Langit biru, awan seputih kapas, air laut yang beriak tenang dan kapal-kapal yang bersandar. Beberapa kali kami beristirahat untuk sekadar makan siang atau meluruskan badan. 


Salah satu pantai tempat beristirahat

Berbeda lagi dengan perjalanan pulang yang ditempuh memilih jalur pegunungan. Beruntung saya termasuk golongan orang yang nggak mabuk jalanan. Walau badan terombang-ambing tapi jarak tempuh memang lebih dekat. Hanya empat jam perjalanan. Jalur pegunungan memang lebih banyak dipilih jika harus mengejar waktu ke Makassar.

Makassar - Watampone - Makassar yang harus menghabiskan waktu 11 jam di jalan membuat tubuh saya limbung perlahan. Pagi sampai siang hari sebelum kembali ke Semarang saya demam. Badan panas dingin nggak karuan. Rasanya ingin mereschedule tiket. Menambah cuti sehari. Sayang saya harus tetap kembali ke Semarang dengan bawaan segambreng. 


Narsis sama gadis cantik:*

Dengan kondisi yang kurang fit saya masih harus menempuh perjalanan Makassar - Surabaya dengan pesawat. Surabaya - Semarang dengan bus. Kenapa nggak langsung ke Semarang? Jawabannya adalah enggak ada penerbangan yang jadwalnya cocok.

Perjalanan pulang terasa begitu berat. Sendirian dengan barang bawaan banyak. Tubuh rasanya melayang-layang. Saya menyadari sesuatu dalam perjalanan pulang kali ini.

Saya rindu untuk pulang.

Rasa capek dan demam adalah akumulasi dari enam hari keluyuran di jalan. Makanan yang berbeda. Cuaca yang sangat panas. Serta rindu Semarang yang menggebu-gebu. Bayangkan selama di Makassar tiap hari berjumpa dengan kepiting, ikan laut dan udang. Belum lagi cotto dan aneka masakan khas lain.

Baru kali ini juga saya kangen teman kantor. Kangen penyetan tahu tempe. Kangen kepala nyut-nyutan karena mikir atau debat soal kerjaan. Kangen yang sebenar-benarnya kangen.
Sungguh berada jauh dari rumah dalam kondisi tidak fit itu nggak enak sama sekali. Bawaannya pengen tidur dan leyeh-leyeh memulihkan badan. 

Pulang dari Makassar saya masih bisa ngantor seperti biasa. Hanya saja batuk pilek melanda.

Andaikan Sudah Kenal Theragran-M

Sewaktu badan panas dingin di Makassar saya hanya minum air putih sebanyak mungkin. Selain itu juga minum minuman dingin kemasan yang katanya mengandung ion. Saya menyugesti diri sendiri bahwa saya bisa melakukan perjalanan panjang Semarang - Surabaya - Makassar sendirian dengan sukses. Saya memang nggak suka minum obat-obatan jika hanya batuk pilek atau demam. Lebih memilih memperbanyak air putih, makanan berserat, buah dan sayur. Kandungan vitaminnya akan mempercepat proses recovery tubuh saya. 

Pengalaman demam di Makassar kemarin memberi banyak pelajaran bagi saya. Sakit di tempat orang itu nggak enak. Belum lagi pasti merepotkan banyak orang. Sungkan. Pekewuh. 

Proses recovey dari Makassar terbilang lama. Saya masih batuk pilek sampai seminggu lebih. Hiks. Andaikan sudah kenal dengan Theragran-M, tentu proses recovery saya jauh lebih cepat. Saya bisa beraktivitas normal seperti biasa. Ternyata Theragran ini vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit.

Sumber gambar : theragran.co.id


Thegran-M merupakan multivitamin-mineral yang dapat mempercepat proses penyembuhan pasca sakit. Kandungan vitamin A, B, C, D, E dan K, serta Magnesium dan Zinc dapat meningkatkan, mengembalikan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

Theragran-M juga cocok digunakan untuk mempercepat masa penyembuhan berbagai jenis penyakit yang membutuhkan daya tahan tubuh yang maksimal.


Pasti sudah tahu kan manfaat vitamin dan multimineral bagi tubuh? Dengan kandungan aneka multivitamin dan mineral, proses penyembuhan pasca sakit tentu akan lebih cepat. 

- Vitamin A : menjaga fungsi normal penglihatan, pertumbuhan dan perkembangan sel dan organ tubuh, memelihara sistem reproduksi, serta menjaga daya tahan tubuh.

- Vitamin B : untuk proses metabolisme serta memiliki fungsi penting pada sistem syaraf.

- Vitamin C : untuk proses metabolisme tubuh, meningkatkan penyerapan zat besi, anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit.

- Vitamin D : untuk mengembalikan kadar kalsium dan fosfat tubuh ke level normal, menjaga kesehatan gigi dan tulang.

- Vitamin E : sebagai anti oksidan dari serangan radikal bebas.

- Magnesium : berperan penting untuk mineralisasi tulang, metabolisme tubuh dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang terhadap serangan berbagai penyakit.

- Mineral lainnya : untuk pembentukan energi di dalam sel tubuh, proses metabolisme, mengeluarkan radikal bebas.

Bepergian jarak jauh dalam jangka waktu lama memang membutuhkan persiapan yang matang. Multivitamin seperti Thegran-M sekarang menjadi barang wajib ketika saya bepergian. Tidak hanya ketika traveling, tapi juga saat perjalanan dinas. Kita nggak akan pernah tahu kan kapan tubuh menuntut hak? Traveling atau dinas dengan badan sehat jauh lebih menyenangkan bukan?



Sunset yang bikin kangen Makassar

"Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho"





42 komentar:

  1. Ayok ke Sulawesi lagi...jangan lupa bawa Theragran-M yaa :D

    BalasHapus
  2. Ini blog sepertinya sudah lama hiatus. Eh sekali update dua tulisan langsung dalam satu hari.

    Makassar termasuk salah satu kota kecintaanku. Banyak banget Yang bisa dilihat di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha Mbak Vi ngamatin nih :p

      Aku juga suka Makassar walau panasnya nggak karuan. Pengen balik lagi kulineran dan menjelajah lebih banyak

      Hapus
  3. Betul, obat2an kudu selalu siap sedia. Aku ada tas traveling khusus yang isinya termasuk obat2an. Kemarin pas di Norwegia, Mbak Syifa pusing dan agak demam. Alhamdulillah setelah minum obat agak baikan, dna perjalanan kami bisa dibilang lancar. ira

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya, Mbak. Deg-degan abis kalau lagi traveling malah sakit. Sampai jumpa tahun depan yaa :)

      Hapus
  4. Wah..jadi pengen ke makasar mba. Untuk wanita sibuk kaya mba, jangan lupa jaga asupan vit n mineral mba..mudahnya minum Theragran-M :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk ke Makassar barengan, Mbak :)

      Hapus
  5. Asiiik, kalo pake multivitamin ini, traveling jadi LANCAR JAYA :)

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  6. aku juga ingin ke Makasar, multivitamin memang bagus bagi kita yang punya jadwal padat merayap dan gak bisa diam di satu tempat hehe..

    BalasHapus
  7. Iki wong kok senenge jalan2 tok huhuhu..
    Meri aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoooo barengan jalan-jalan karo aku, Mbak :)

      Hapus
  8. Wis pokoke..harus sedia payung sblm hujan yaa..krn mmg benar tubuh kita bkn robot yg g punya capai..
    Slmt berlomba, smga sukses..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, Mbak. Sejak itu saya selalu siap sedia obat-obatan saat bepergian :)

      Hapus
  9. ayo nyebarang ke kampung halamanku mba Tari Di Ketapang Kalbar. Haha...
    Sambil bawa theragran-M

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mauuuu bangetttt, Mbaaakkk. Aku belum pernah ke Kalimantan

      Hapus
  10. Kudu konsumsi suplemen kalo aktifitas melebihi biasanya, biar fetap fit usai jalan2nya. Moga sehat sehat ya Tar, bisa jalan2 lagi dan bawa oleh2 buat akyuuuu ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, Mbak. Suplemen ini penting jika aktivitas lagi padat :)

      Aamiin. Doain banyak rejeki yaa biar bisa jalan-jalan lagi dan bawain oleh-oleh :)

      Hapus
  11. Next time klo liburan lg obat2a jgn sampe lupa ya taro. Kayanya sepele tp penting lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, Mbaak. Aku agak ceroboh soal beginian emang :(

      Hapus
  12. Theragran-M jadi bekal wajib ya untuk setiap perjalanan :) Semoga selalu sehat mbak...

    BalasHapus
  13. Aaakkk...mau juga dooonk diajak ke Makassar ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuukkk ke Makassar yyuuukkk :)

      Hapus
  14. Belum pernah ke Makassar, sunset nya bgs mbaaa.. sehat selalu yaa, good luck mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sunsetnya emang kece bangeeettt. Padahal itu di tempat umum lhooo :)

      Hapus
  15. Pengen banget ke Makassar..!

    Theragran-M penting banget ya buat yang butuh pemulihan capat

    BalasHapus
  16. Mengkonsumi air putih yang banyak serta buah dan sayur memang bagus banget mba :) tambahin olahraga ringan juga oke :)

    BalasHapus
  17. Balasan
    1. Ayookkk tooo mlaku-mlaku barengan aku :*

      Hapus
  18. Aku belum pernah ke Makassar tariiiiii.. Iya nanti lain kali jaga kesehatan yaaa.. Biar cepet pulih sedia Theragran-M deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoookkk barengan sama akuuuu. Aku mau banget ke Makassar lagi :)

      Hapus
  19. nice sharing.
    salam kenal ya :)

    BalasHapus
  20. Theragran-M memang praktis dibawa-bawa travelling :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Mbak. Simpel tempatnya :)

      Hapus