Sabtu, 24 Februari 2018

Liburan Sambil Belajar, Main ke Museum IPTEK TMII Saja

Liburan Sambil Belajar, Main ke Museum IPTEK TMII Saja


Pengen liburan yang menyenangkan tapi tetap dapat wawasan pengetahuan yang menarik, tentu Museum IPTEK TMII jawabannya. Meski namanya museum, tapi penyajian di tempat yang juga dikenal sebagai Pusat Peragaan IPTEK ini sangat menarik. Seru dan nggak membosankan baik buat anak-anak maupun dewasa.


sumber:rikamedina.blogspot.co.id



Ada apa saja di dalamnya?

Berbagai macam peragaan ilmu pengetahuan terdapat di museum ini. Seperti Pusat peragaan listrik dan magnet, yang mana kamu bisa melihat bagaimana listrik bisa terjadi dan bagaimana hubungannya dengan medan magnet secara langsung.

Tempat menarik lainnya adalah Arena Peneliti Cilik dan Kidsmart Corner, yang mana anak-anak bisa bereksperimen secara langsung dengan bimbingan dari pemandu. Selain mendapatkan pengetahuan baru, anak-anak juga dapat pengalaman berharga dari liburan di sini.

Nggak cuma menarik buat anak-anak, Museum IPTEK juga memiliki tempat seru buat orang dewasa seperti Pusat peragaan robotik yang menarik. Pusat peragaan transportasi, pusat peragaan mekanika, ruang sirkulasi gempa dan banyak tempat lainnya yang seru. Selengkapnya, kamu bisa cek di Traveloka.

sumber:sdistiqomah.sch.id

Live demo

Kalau kamu beruntung, bisa melihat live demo di Museum IPTEK yang membahas tentang berbagai hal. Seperti demo pembuatan roket air, peragaan kimia, peragaan transportasi dan gempa, serta banyak live demo lainnya yang sangat edukatif.

Anak-anak bisa belajar dengan menyenangkan lewat live demo ini. Pelajaran sains yang selama ini mungkin jadi momok bagi mereka, bakal terasa menyenangkan karena ketika dipraktekkan secara langsung ternyata seru sekali.

Selain itu di dalam Museum IPTEK juga terdapat Science Cinema yang memutar film-film bertema ilmu pengetahuan. Selain menambah pengetahuan dan pengalaman, anak-anak juga bisa menambah wawasan dengan cara yang menyenangkan.

Alat peraga bisa disentuh

sumber: Zaara krenz

Nggak perlu takut untuk menyentuh berbagai alat peraga IPTEK yang ada di museum ini. Semuanya bisa disentuh, agar anak-anak dan pengunjung bisa merasakan sensasi belajarnya secara langsung dan pastinya lebih seru daripada sekedar melihat saja.

Dengan peragaan langsung seperti ini, belajar menjadi lebih menyenangkan. Baik itu pelajaran matematika sekalipun, yang pas tinya lebih seru ketika diperagakan secara langsung di sini.

Lokasi

Museum IPTEK berada di kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya TMII, Cipayung, Jakarta Timur. Dengan lokasi di sekitar Jakarta Timur, tempat wisata ini nggak jauh dari Bekasi dan bisa ditempuh dengan kendaraan apa saja. Berbagai angkutan umum melintas di kawasan Museum IPTEK yang terletak di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah ini. Sesuaikan saja dengan jalur keberangkatanmu untuk menuju ke sana.

Jarak yang dekat ini juga yang membuat tempat wisata ini selalu jadi jujugan warga Bekasi yang ingin liburan di akhir pekan.

sumber:jpp.go.id



Jam operasional dan harga tiket

Museum IPTEK buka setiap hari mulai dari Senin sampai dengan Minggu, dengan jam buka harian mulai pukul 08.00 – 16.30 WIB, dan khusus pada hari Minggu buka pukul 09.00 – 17.00 WIB.
Tiket masuk ke dalam museum ini sangat terjangkau, sekitar Rp 16 ribu sekali masuk. Tapi ini belum termasuk tiket ke TMII-nya ya. Jadi tiket masuk Museum IPTEK dijual terpisah namun dengan harga yang tak terlalu mahal.

Nah, banyak hal menarik kan di tempat wisata dekat Bekasi ini? Yuk, main ke Museum Iptek sekarang!


2 komentar:

  1. Duhh..pengen banget kesanaa mbaa

    dulu pernah ke TMII tapi gak ke museum iptek....

    Hmmmm...mudah-mudahan nanti bisa mampir ke museum ini mbaa....

    BalasHapus
  2. Wah, lumayan ya 16 ribu tiketnya..termasuk murah itu.
    Belum pernah ke sini saya Mbak..Karena anak-anak di sekolah sudah fieldtrip ke Museum IPTEK ini...Tapi baca ini jadi mupeng juga emaknya hahaha...Kapan-kapan ke sana ah:)

    BalasHapus